Arema FC Ungkap Filosofi yang Terkandung dalam Jersey di Musim 2018

Gedung Graha Politeknik Negeri Malang (Polinema), Selasa (20/3) malam lalu mendadak ramai dengan Aremania. Maklum, malam itu digelar acara peluncuran tim dan jersey baru Arema FC. Untuk musim 2018, tim berjuluk Singo Edan ini akan mengenakan tiga macam jersey.

Untuk jersey kandang, warna biru tentu saja tetap jadi andalan. Karena biru adalah warna arek-arek Malang. Jersey tandang didominasi putih dengan sentuhan biru di bagian lengan. Sementara untuk jersey ketiga menggunakan warna merah dengan sentuhan putih.

Ternyata, pemilihan warna dan desain dari jersey Arema FC musim ini memiliki filosofi tersendiri. Di setiap tipe jersey Arema FC musim ini akan terlihat pola garis putus-putus yang semakin ke bawah semakin panjang garisnya.

Menurut penjelasan Arema FC di akun Instagram resmi mereka, pemilihan motif garis yang membentuk anyaman dari bawah hingga ke atas mengisyaratkan persatuan dan kesederhanaan. Anyaman adalah sesuatu yang mengeratkan, saling mendukung, dan menjaga.

Sementara kerah berbentuk O mengandung filosofi kebersamaan tanpa melihat perbedaan. Lalu obras lima benang yang ada di jersey merupakan gambaran lima komponen besar di Malang Raya.

Untuk jersey tandang, meski dominan warna putih tetap mengandung semangat warna biru yang terlihat di bagian lengan. Begitu pula dengan kerah bulat berwarna biru yang membawa misi bersatu di bawah satu warna.

Sedikit berbeda, di jersey away ini ada garis merah di bawah lengan. Ini merupakan gambaran dari unsur api di logo Arema FC. Diharapkan mampu memantik semangat para penggawa Singo Edan untuk selalu tampil berani di setiap laga.

Terakhir, pemilihan warna merah untuk jersey ketiga yang dikombinasikan dengan warna putih merupakan gambaran persatuan antara Arema dengan Aremania. Karena kedua unsur penting ini membawa misi panji-panji nasionalisme. Laiknya warna bendera negara.

Selain itu, warna merah juga menjadi simbol dari keberanian skuad Singo Edan yang tak pernah padam. Karena Arema lahir di tanah pemberani Bhumi Arema, lahir di antara ksatria. Menunjukkan kombinasi antara keberanian, kekuatan, energi, gairah, keberuntungan, dan semangat tinggi pantang menyerah.