Tanding di Piala Asia, Ini 4 Pemain Baru yang Diincar Pelatih Timnas U-16

Timnas Indonesia U-16 saat ini tengah diliburkan usai menjadi juara di Turnamen Jenesys pekan lalu di Jepang. Pelatih Fakhri Husaini ingin memberikan kesempatan pada anak asuhnya untuk kembali dan mengejar ketertinggalan mereka di bidang pendidikan.

Pelatih 52 tahun itu mengambil langkah tersebut karena Rendy Juliansyah dan kawan-kawan sudah hampir sebulan absen dari sekolah lantaran bergabung di pemusatan latihan.

Fakhri mengatakan, ia tidak ingin anak asuhnya tertinggal dalam ilmu pengetahuan, sebab rata-rata semua pemain Timnas U-16 memang tercatat masih berada di Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA).

Meski tengah berlibur, Fakhri Husaini rupanya punya pekerjaan rumah tersendiri. Ia mengatakan masih harus bekerja keras mencari pemain baru, khususnya pada empat posisi karena saat ini pemain inti dan pelapis, kualitasnya belum sepadan. Hal itu tentu menyulitkan saat ia melakukan rotasi mengingat Timnas U-16 akan turun di Piala Asia dan Piala AFF tahun ini.

“Dari semua posisi yang paling saya butuhkan adalah bek kanan, bek kiri dan stopper, kemudian striker,” ujarnya. 

“Tidak semuanya yang ada saat ini dalam posisi aman. Saya sudah sampaikan jangan terlena, karena pemain lain akan mengejar ketertinggalannya dan berusaha masuk. Jika ada pemain lain yang bagus dan di tahun 2017 tak lolos, maka bisa masuk lagi. Tapi tentu dengan memenuhi sejumlah persyaratan yang kita terapkan,” sambung Fakhri.

Untuk mencari kriteria pemain baru yang dibutuhkan, Fakhri menjelaskan ia tidak perlu melakukan seleksi dalam pemusatan latihan. Pelatih asal Aceh itu mengatakan tim pelatih hanya perlu memantau dari beberapa kompetisi usia dini yang diselenggarakan pemerintah, PSSI, maupun pihak swasta.

“Saya tidak seleksi lagi seperti tahun lalu. Saya akan pantau, ke depan saya dengar dari PSSI, Kemenpora akan ada kompetisi usia muda hingga swasta seperti Liga Top Skor dan Liga Kompas dan itu adalah media kami untuk cari pemain. Itu sumber utama kami,” urainya.

Di sisi lain, Timnas U-16 baru akan kembali menjalani latihan pada akhir bulan depan. Terkait hal itu, pelatih Fakhri Husaini juga akan melakukan perubahan program dengan hanya akan menerapkan latihan singkat selama beberapa bulan ke depan hingga Piala Asia September nanti di Malaysia.

“Mereka akan kumpul lagi minggu ketiga April. Kami rencananya sampai menjelang Piala Asia ada perubahan soal pemusatan latihan, di mana tidak lagi TC (training centre) jangka panjang, kecuali mendekati ke Malaysia,” tutupnya