Jasa Besar Michael Essien untuk Liga Indonesia

Penyerang Persija Jakarta, Addison Alves menilai Michael Essien memiliki jasa begitu besar terhadap perkembangan Liga Indonesia. Kedatangan Essien sempat membuat sepak bola Indonesia lebih dikenal di dunia.

Essien yang sempat membela sejumlah klub papan atas Eropa seperti Chelsea, Real Madrid dan AC Milan bergabung dengan Persib pada 2017 lalu. Kehadiran Essien di Indonesia ikut menarik sejumlah surat kabar luar negeri yang ikut mengerek popularitas sepak bola Indonesia.

Kini Persib lebih memilih mendatangkan Jonathan Bauman dan melepas Essien karena dianggap tidak sesuai dengan kebutuhan tim.

Keputusan Persib memang tidak bisa disalahkan mengingat kebutuhan tim menjadi prioritas. Namun Addison menilai Essien layak mendapat apresiasi lebih dari Liga Indonesia.

“Penghormatan begitu besar sebagai seorang sosok dan pemain dalam diri Michael Essien yang membuat liga ini dikenal di level internasional,” tulis Addison di akun Instagram miliknya.

“Orang seperti Essien harusnya mendapat kontrak seumur hidup di Liga Indonesia. Dia berkontribusi besar karena berkat dia, liga kami lebih dipandang,” ujar Addison.

Essien sejauh ini masih terikat kontrak dengan Persib, namun pemain asal Ghana itu tidak didaftarkan dalam skuad yang akan berlaga di Liga 1 2018. Persib kemungkinan akan memutus kontrak Essien atau melepas dengan status pinjaman.