PSIS Sudah Punya Enam Kandidat Pelatih Pengganti Subangkit

Usai melepas Subangkit sebagai pelatih kepala PSIS Semarang, manajemen klub menyebut ada enam kandidat baru. Empat di antaranya merupakan pelatih asing.

CEO Yoyok Sukawi menuturkan keputusan manajemen klub mendepak Subangkit murni karena ketidakcocokan visi misi. Hal tersebut cukup mengejutkan karena Subangkit berhasil membawa PSIS lolos ke Liga 1.

Terlepas dari keputusan itu, manajemen langsung bergerak menginvetarisir kandidat-kandidat yang ada. Harapannya, dalam waktu kurang dari seminggu telah mengerucut menjadi satu nama saja.

Untuk kandidat pelatih asing, Yoyok menyebut empat nama. Kesemuanya memiliki pengalaman di Liga Indonesia.

“Kami telah mengumpulkan enam figur, empat asing dan dua lokal. Calon pelatih asing yaitu Dejan (Antonic), Paulo Camargo, eks pelatih Borneo FC (Dragan Djukanovic), dan Gomes de Olivera,” kaya Yoyok pada sela-sela launching jersey PSIS di halaman Masjid Agung Jawa Tengah, Sabtu 17 Maret 2018.

“Hari ini mungkin bertambah lagi kandidatnya. Sementara yang lokal ada Bambang Nurdiansyah dan Agus Yuwono,” katanya lagi menambahkan.

Adapun empat nama asing yang disebutkan Yoyok bukan nama baru di persepakbolaan Indonesia. Dejan misalnya, sempat membesut beberapa klub Tanah Air, seperti Arema Indonesia, Pro Duta FC, PBR, dan Persib Bandung.

Kandidat lain yang cukup berpangalaman adalah Gomes. Pelatih asal Brasil itu pernah memimpin Perseru Serui, Persiwa Wamena, Persela Lamongan, Persiram Raja Ampat dan Madura United.

Manajemen klub juga membenarkan bahwa eks Borneo FC, Dragan menjadi salah satu calon suksesor Subangkit. Bukan tanpa alasan nama-nama yang telah diinventarisir PSIS punya curriculum vitae di Indonesia. Yoyok ingin Mahesa Jenar dilatih oleh sosok yang punya kapasitas di Liga 1.

“Yang pasti begini, kami mau ambil pelatih yang punya lisensi cukup untuk Liga 1. Bahkan beberapa kandidat memiliki pengalaman melatih di negeri tetangga,” ujarnya lagi.

Paulo Camargo juga jadi pertimbangan manajemen klub. Sama seperti calon lainnya, ia memiliki pengalaman membesut tim Liga Indonesia, yakni Persija Jakarta.