Alasan Persib Mendepak Michael Essien

Persib Bandung memutuskan untuk tidak menggunakan jasa Michael Essien pada musim 2018. Bahkan, Essien sudah tak hadir dalam sesi perkenalan skuat musim 2018 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu 17 Maret.

Menurut Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat Zainuri Hasyim, didepaknya Essien merupakan keputusan pelatih Mario Gomez. Pasalnya, Gomez lebih memilih Jonathan Bauman untuk menjadi daya gedor Maung Bandung.

“Essien resmi tidak memperkuat Persib lagi. Itu keputusan dari pelatih dan merekomendasikan Bauman untuk musim ini,” ujar Zainuri usai launching skuat Persib.

Zainuri mengatakan, didepaknya Essien karena Persib harus memenuhi regulasi untuk pemain asing yang ditetapkan oleh operator liga. Pasalnya, setiap klub hanya boleh memiliki tiga pemain asing non asia dan satu dari asia (3+1).

“Kita kan sudah ada empat pemain asing, itu regulasinya. Jadi tidak mungkin kita punya lima pemain asing,” sambungnya.

Essien saat ini masih terikat sisa kontrak satu tahun dengan Persib. Pasalnya pada awal 2017, Essien diikat kontrak dengan durasi dua tahun dengan berbagai klausul termasuk putus kontrak.

“Statusnya masih diselesaikan manajemen. Kita cari win-win solution lah,” tegas Zainuri.