Ini Sisi Positif Turnamen Pramusim Disiarkan Televisi

Menyambut musim baru, pemain bertahan Persib, Wildansyah, mengakui tidak pernah terlewat menyaksikan laga-laga tim rival pada laga pramusim mereka. Dia pun berusaha mengintip kekuatan para calon lawan yang bisa menjadi sandungan Persib di Liga 1 2018.

Setiap jengkal persiapan di lapangan terus digeber oleh jajaran pelatih Persib pada pemain. Tapi itu bukan berarti pemain hanya menunggu instruksi dari Mario Gomez dan kolega untuk menyiapkan diri menyambut musim baru.

Wildansyah pun mencoba membekali dirinya dengan pemahaman style bermain calon lawan-lawannya. Sebab dia tidak boleh buta dengan sinyal bahaya yang bisa diberikan para rival di kompetisi musim ini.

“Pasti (nonton) saya setiap ada pertandingan juga nonton karena itu kan lawan kita buat nanti,” ungkap bek berusia 30 tahun itu kepada wartawan.

Mantan stoper Sriwijaya FC itu mengatakan dirinya memantau cara kerja lawan-lawannya dari maraknya turnamen pramusim. Bagaimana dia memonitor permainan Persija yang meledak di Piala Presiden. Atau solidnya performa Sriwijaya FC di Piala Gubernur Kaltim.

“Semua tahu lah klub-klub yang kita ikutin sejak Piala Presiden terus menonton juga di Piala Gubernur Kaltim kita tahu kekuatan mereka seperti apa,” jelas Wildan.

Wildan pun mengakui bahwa siaran televisi sangat membantu untuk mencuri peta kekuatan lawan. Sebagai pemain belakang, dia terus mendeteksi cara bermain striker-striker tim lain yang diprediksi akan membahayakan Maung Bandung.

“Kita berusaha aja bisa lebih bagus dari mereka dan harus lebih siap. Saya kan dari segi pertahanan berarti saya perhatikan lah penyerang mereka dan saya intip-intip. Jadinya sangat beruntung disiarin juga,” katanya.

Dia pun tidak menampik nama Marko Simic menjadi sosok yang kini paling disegani. Ketajaman bomber Persija itu disebut merupakan yang paling dahsyat dari pemain asing yang ada saat ini. Tetapi Wildan mencoba memupuk keyakinan bersama rekan-rekan setimnya.

“Ramai sekarang penyerang-penyerang berkualitas, Simic pastilah tahu sendiri dia kemarin di Piala Presiden, tapi kalau kita itu bekerja bersama-sama Insya Allah tidak ada yang tidak mungkin,” tandasnya.

loading...