Status Marquee Player Hilang, Persib: Tak Masalah

PSSI resmi menghapus status marquee player bagi pemain asing di Liga 1 musim 2018. Hal itu dipastikan Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono dalam Kongres PSSI 2018 di ICE BSD, Tangerang, beberap waktu lalu.

Koordinator Save Our Soccer, Akmal Marhali mengatakan, penghapusan status marquee player di Liga 1 edisi 2018 akan membuat persepakbolaan Indonesia kurang menarik. Alasannya, pemain dengan status tersebut dapat memberikan warna tersendiri bagi kompetisi sepak bola di Indonesia sekaligus membantu mempromosikannya di kancah Internasional.

“Kami mendukung aturan marquee player karena bisa membuat sepak bola jadi menarik dan menghadirkan aura tersendiri bagi suporter,” ujarnya seperti dilaporkan Prfmnews, Sabtu 10 Maret 2018.

Pada Liga 1 episode 2017, sejumlah pemain berstatus marquee player yang memebla klub diga 1 di antaranya ialah Michael Essien di Persib Bandung, Peter Odemwingie di Madura United, Sissoko di Mitra Kukar, dan Paulo Sergio di Bhayangkara FC.

Sementara itu, menjelang bergulirnya Liga 1 tahun ini, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Kuswara S Taryono mengatakan belum ada perubahan dengan komposisi pemain Persib.

“Kalaulah nanti ada penambahan pemain, akan kami sampaikan pada saat peluncuran. Kami sementara mengacu pada pemain yang sudah ada baik lokal maupun asing. Untuk slot pemain sampai saat ini memang sudah terpenuhi,” ujarnya.

Ia juga tidak mempermasalahkan regulasi Liga 1 yang menghapus status pemain marquee player.

“Munculnya pemain asing tujuannya untuk lebih mendorong sepak bola Indonesia dan berharap kolaborasi pemain asing dan lokal bisa padu. Terkait marquee player, intinya kami tidak bergantung pada marquee player,” katanya.

liga88
loading...