Pelatih Persija Tak Garansi 2 Pemain Ini Dimainkan Lawan Song Lam

Dua pemain Persija Jakarta, Gunawan Dwi Cahyo serta Novri Setiawan sudah kembali berlatih dengan porsi terbatas setelah absen beberapa hari karena dilaporkan mengalami masalah kesehatan yang berbeda satu dan lainnya.

Gunawan sebelumnya mengalami demam, sedangkan Novri terindikasi penyakit tifus sehingga keduanya tidak ikut kala Macan Kemayoran bertandang ke kandang Song Lam, Vietnam pekan lalu.

Kembalinya dua pemain yang menjadi andalan di beberapa laga terakhir Persija itu disambut baik pelatih Stefano Cugurra Teco. Baginya hal itu menjadi sebuah keuntungan jelang lawan Song Lam di Piala AFC, Rabu (14/03/18) mendatang di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. 

Akan tetapi, Teco menegaskan keduanya tidak lantas masuk dalam list pemain yang dipersiapkan melawan Song Lam. Gunawan dan Novri Setiawan diminta untuk membuktikan diri dan mengembalikan kondisinya terlebih dahulu sebelumnya akhirnya dipilih pelatih asal Brasil itu.

“Kita harus bantu dua pemain ini di setiap latihan, harus lihat setiap hari proses dan progres keduanya. Tetapi buat masuk list, mereka harus ikut latihan dulu. Saya bisa jawab bisa masuk list, bisa juga tidak. Kita punya beberapa hari untuk melihat mereka dan keduanya harus tunjukkan kemajuan,” ucapnya.

Tak hanya itu, Stefano Teco juga angkat bicara soal beberapa pemain Persija yang sejauh ini belum mendapat kesempatan bermain. Menurutnya hal itu wajar saja terjadi karena sebagai pelatih ia akan memilih pemain yang benar-benar siap bertanding dan sesuai kebutuhan.

Karenanya, bagi pemain yang minim jam terbang diminta untuk tidak putus asa dan terus mengasah kemampuannya dengan berlatih lebih giat.

“Kita tidak pakai rotasi, tapi kita pakai yang terbaik. Kita sudah pakai banyak pemain di turnamen pramusim. Sekarang kita harus pakai yang terbaik. Yang tidak banyak bermain, harus lebih kerja keras lagi,” ujar Teco.

“Yang pasti di setiap posisi harus ada dua pemain dan yang paling bagus pasti main. Fisik, taktik, mental juga semuanya harus lihat, bukan hanya teknik saja,” jelasnya lebih detail soal kriteria pemain yang diinginkan.

“Semua pemain sudah dapat kesempatan bermain begitu pula dengan tiga kiper yang ada. Sekarang, kita tidak mau kehilangan poin di beberapa laga ke depan, jadi kita pasang yang terbaik saja,” imbuh Teco.

Meski demikian, Stefano Teco tidak menutup kemungkinan ada rotasi bagi pemain pada Liga 1 musim ini. Menurutnya pasti ada saja halangan yang didapat pemain andalan lantaran kompetisi berlangsung cukup panjang ditambah Persija bermain di Piala AFC dan kemungkian besar juga Piala Indonesia yang kembali digelar setelah lama vakum.

“Harus lihat keadaan dulu, waktu ada pemain cedera, atau pemain sakit atau lelah maka di situasi seperti ini, pasti kita pasang pemain yang lebih siap,” tutupnya.