Bungkam Vietnam, Indonesia U-16 Juara di Jepang!

Tim nasional Indonesia U-16 membuat sejarah di Turnamen Jenesys 2018. Pasukan Fakhri Husaini merebut gelar juara setelah mengalahkan timnas Vietnam U-16 pada final di Lapangan Yamazakura Kirishima Prefektur Miyazaki General Athletic Park Pitch 1, Senin (12/3/2018).

Tak mudah bagi timnas Garuda Asia memetik kemenangan atas Vietnam. Tak ada gol tercipta hingga babak pertama usai. Ketatnya pertahanan Vietnam memaksa Indonesia kerja keras mengais gol.

Upaya tim Merah Putih berbuah hasil di babak kedua. Rendy Juliansyah berhasil memaksimalkan peluang pada menit ke-64. Penyerang kelahiran Tangerang Selatan, 27 Juli 2002, itu membuat Indonesia menang 1-0.

Dengan sukses ini, tak hanya gelar juara yang dipetik Pasukan Fakhri Husaini. Garuda Asia juga tampil mengesankan sepanjang turnamen digelar. Merah Putih tidak terkalahkan bahkan menjadi juara Grup B dengan menceploskan 12 gol. Total, Indonesia mengemas 14 gol dan hanya sekali kebobolan.

Langkah Merah Putih ke tangga juara dimulai dengan mengalahkan Filipina 7-1 pada penyisihan Grup B, Kamis (8/3/2018). Kemudian mengalahkan Kamboja 5-0, sehari berikutnya. Indonesia memuncaki klasemen Grup B dengan enam poin. Di semifinal, Indonesia mengalahkan tuan rumah Jepang 1-0.

Turnamen Jenesys 2018 menjadi ajang uji coba Garuda Asia yang disapkan menghadapi Piala AFF U-16 2018 yang digelar di Jawa Timur, dan Piala Asia U-16 di Malaysia. Menjadi juara di Turnamen Jenesys 2018 menjadi modal positif Garuda Asia untuk melangkah lebih jauh di level Asia.

“Kerja keras dan kesungguhan dalam berlatih tidak pernah mengkhianati hasil. Selamat, Garuda Asia jadi juara Turnamen Jenesys 2018. Jangan cepat puas dan tetap membumi,” demikian pernyataan PSSI dalam akun resmi Twitter (@pssi-fai).