PSSI Gelar Piala Indonesia, PT LIB Minta Sinkronisasi Jadwal

Federasi sepakbola Indonesia, PSSI akan kembali menggelar Piala Indonesia setelah enam tahun vakum.

Saat ini dilaporkan sudah sekitar 74 klub yang akan ambil bagian dari 128 peserta yang direncanakan. Kejuaraan yang disebut sebagai FA Cup-nya Indonesia itu siap digulirkan pada 7 April 2018 mendatang.

Terkait hal itu, operator kompetisi Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengatakan jika PSSI belum mendiskusikan soal jadwal yang ditentukan.

Meski bukan sebagai pihak penyelenggara, LIB mengatakan berhak tahu karena hal itu berkaitan dengan pengaturan jadwal untuk Liga 1.

Jika tidak disinkronkan, maka gelaran Piala Indonesia bisa saja mengganggu kompetisi karena berjalan beriringan.

“Kalau tanya Piala indonesia harus ke PSSI, kalau dari kami kewajibannya sudah kirimkan jadwal Liga 1, 2, 3. Sedangkan untuk Piala Indonesiakami belum tahu kapan dan formatnya seperti apa,” aku COO PT LIB, Tigor Shalomboboy.

“Kami minta disosialisasikan ke klub jangan sampai jadwal liga bentrok dengan Piala Indonesia. Ini biar sinkron karena akan ada jadwal padat nantiya,” imbuhnya.

Tigor mengatakan pihaknya ingin memproteksi atau mengedepankan kepentingan klub. Pasalnya, dengan adanya Piala Indonesia, maka dipastikan setiap klub harus pintar mengatur rotasi pemain, bahkan berefek besar pada manajemen terutama keuangan klub.

“Kami mau proteksi tim, karena kami mau kualitas kompetisi tetap bagus di samping ada Piala Indonesia. Kita tidak mau berantakan makanya harus sinkron dengan jadwal dan itu bisa dibicarakan saat manager meeting,” tegasnya.

Sebagai informasi, Piala lndonesia sudah enam kali digelar sejak 2005 lalu dan tercatat sudah ada tiga klub yang menjadi juara. Arema Malang bahkan menjadi juara beruntun pada 2005 dan 2006.

Akan tetapi, catatan itu dilewati oleh Sriwijaya FC yang berhasil menjadi juara pada tiga periode yakni 2007, 2008, serta 2010. Selanjutnya klub Divisi Utama Persibo Bojonegoro memberikan kejutan usai juara di tahun 2012.

Perlu diketahui, hingga saat ini sendiri masih belum ada kejelasan mengenai kapan sebenarnya kompetisi Liga 1 2018 akan bergulir. Pada mulanya, PT LIB pernah menyatakan kick-off Liga 1 akan mulai pada 24 Februari 2018 lalu.

Namun, lantaran permasalahan subsidi yang belum dibayarkan pada 18 klub peserta Liga 1 musim 2017 lalu, jadwal tersebut perlahan-lahan mengalami pemunduruan. Mulai dari tanggal 3 Maret, 19 Maret, dan terakhir rencananya akan dimundurkan antara tanggal 18 sampai 25 Maret 2018.

liga88
loading...