Inginkan Persija Berkandang di GBK, Jakmania Mulai Biasakan Hal Terpuji

Jakmania rupanya benar-benar menginginkan Persija bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Suporter Persija Jakarta itu sukses menepis omongan negatif masyarakat, sebagai salah satu suporter terbesar di Indonesia, Jakmania sukses menunjukan kedewasaan.

Hal ini tercermin dalam pertandingan Persija kontra Tampines Rovers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu (28/2). Tercatat, lebih dari 40 ribu Jakmania tumpah ruah di stadion terbesar kepunyaan Indonesia itu. Namun, hingga berita ini diturunkan, belum ada satu laporan kerusakan pun yang diterima TopSkor.id.

Berbeda dengan laga sebelumnya, kala itu Persija berlaga di SUGBK menghadapi Bali United dalam babak final Piala Presiden 2018. Terdapat beberapa oknum yang ingin merusak citra Jakmania, tak tanggung-tanggung, akibat yang dibuat menyebabkan panita pertandingan kala itu harus merogoh kocek sebesar Rp 150 juta untuk memperbaiki kerusakan yang dibuat.

PPK GBK selaku pengelola memberikan peringatan kepada Jakmania, hal ini disampaikan oleh dirut Persija Jakarta, Gede Widiade. “Pilihannya cuma satu, kalau Jakmania tidak tertib, ya Persija dilarang sama GBK. Kewenangan ada di pihak GBK lalu yang rugi juga Persija dan Jakmania,” ujar Gede.

Peringatan ini rupanya sukses menjadi cambuk untuk Jakmania. Terbukti, suporter yang identik dengan warna orange ini mampu saling menjaga diri. Tagar jagagbk pun disuarakan oleh Jakmania. Menariknya, dalam pertandingan Persija kontra Tampines, Jakmania mampu mendukung dengan tertib. Tercermin dari pantauan TopSkor.id, suporter Persija Jakarta ini tertib ketika antre masuk stadion. Bahkan teriakan kampungan disuarakan bagi mereka yang menyerobot.

Hal yang sama juga terjadi di dalam SUGBK, teriakan kampungan juga disuarakan bagi mereka yang hendak menjadi provokator. “Kami ingin menunjukan kepada media, dan masyarakat luas bahwa Jakmania bukan suporter yang rusuh, kami bisa bersama menjaga GBK,” ujar Dion, Jakmania asal Cibubur kepada TopSkor.id.

Apresiasi setinggi-tingginya juga diberikan kepada Jakmania dari penggawa Persija Jakarta, Marko Simic. Menurut penyerang asal Kroasia ini, Jakmania sangat luar biasa, “Jakmania, fantastis, mereka selalu mendukung kami seperti hari-hari sebelumnya,” imbuh Simic. ***Yohvinno.