Persis Solo Disarankan Perbanyak Uji Coba dengan Klub Level Atas

Kemenangan tipis 1-0 yang diraih Persis Solo atas Juara Liga 1 2017, Bhayangkara FC, mampu membangkitkan moral para pemain. Persis Solo diharapkan memperbanyak uji coba dengan tim level di atasnya untuk membiasakan diri menghadapi tekanan lawan.

Kapten Persis Solo, M. Wahyu, mengakui timnya tidak diunggulan saat laga uji coba menghadapi The Guardians, julukan Bhayangkara FC. Bahkan, kondisi tim saat itu belum ideal menyusul mundurnya Freddy Muli dari pelatih kepala. Kepergian Freddy Muli memang sempat membuat mental pemain drop. Namun, siapa sangka, Persis Solo mampu membalikkan prediksi banyak pihak dengan mengalahkan tim besar seperti Bhayangkara FC.

“Setelah pertandingan kemarin [melawan Bhayangkara FC], kami bisa lebih percaya diri. Hasil pertandingan itu bisa mengangkat mental dan moral pemain [yang sempat drop setelah ditinggal Freddy Muli],” kata M. Wahyu saat dihubungi Solopos.com, Senin (26/2/2018).

M. Wahyu menilai permainan individu tiap pemain sudah bagus. Para pemain tinggal meningkatkan porsi latihan untuk mengasah kerja sama tim. Pemain bernomor punggung 23 itu berharap skuat Persis Solo segera berbenah untuk memperbaiki kekurangan yang muncul selama laga uji coba.

“Yang jadi persoalan itu, tahapan latihan yang kita jalani belum sampai pada materi strategi bermain, taktik dan lain-lain. Meski begitu, kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik di setiap laga uji coba sebagai persiapan musim kompetisi,” terang M. Wahyu.

Wakil Presiden Pasoepati Ginda Ferachtriawan menyebut skuat Persis Solo saat ini punya potensi bagus. Terbukti, tim besar sekaligus jawara Liga 1 musim lalu bisa dikalahkan meski sepanjang pertandingan terus menerus ditekan lawan. Menurutnya, potensi yang dimiliki Laskar Sambernyawa itu tinggal dikembangkan agar promosi ke Liga 1 bukan sekadar menjadi angan-angan.

“Persis harus memperbanyak laga uji coba dengan tim dengan level di atasnya. Saya berharap rencana uji coba melawan Persib Bandung bisa terlaksana. Persis akan banyak belajar dari tim besar yang dihadapinya,” papar Ginda.