Menghadapi PSS, Bhayangkara FC Tak Kapok Kalah Lagi

Bhayangkara FC kembali dijadwalkan menghadapi klub Liga 2 pada partai uji coba. Kali ini skuat berjulukan The Guardian itu akan ditantang tuan rumah PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (28/2/2018).

Dalam dua laga terakhir menghadapi klub kasta kedua, Bhayangkara FC menelan kekalahan, masing-masing dari Persita Tangerang dan Persis Solo.

Meski begitu, pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemmy, tidak kapok. Simon enggan mempermasalahkan hasil akhir meski hanya menghadapi klub Liga 2. Simon lebih mengedepankan mencermati kinerja pemain dengan taktik yang sudah disusun.

“Kami tidak khawatir jika akhirnya harus kalah melawan tim Liga 2 karena kami ingin mendapat pelajaran dari setiap uji coba, termasuk melawan PSS nanti,” kata Simon.

Dibanding melawan sesama klub Liga 1, pelatih asal Skotlandia itu mengakui lebih berat jika bertemu dengan tim dari kasta di bawahnya.

Sebab, lawan lebih banyak mengandalkan taktik dasar dan semangat juang. Berbeda dengan klub selevel yang sama-sama bermain terbuka.

“Mereka cenderung bertahan dan bertahan sebelum melancarkan serangan balik. Kami harus bermain dengan cara sendiri dan meminimalisasi kesalahan. Saat melawan Persis, pemain kami banyak membuat kesalahan dan itu tidak perlu,” tuturnya.

Mantan pelatih Mitra Kukar itu menambahkan kekalahan dari klub Liga 2 tidak akan berpengaruh pada psikologis pemain Bhayangkara FC. Bagi Simon, klub kasta kedua di Indonesia juga berkualitas dan memiliki semangat juang yang tinggi. “Target kami di kompetisi nanti. Saat itu, kami tidak boleh membuat kesalahan,” ucapnya.