Khawatir Disanksi FIFA Lagi, Pelatih PSM Ingatkan PSSI agar Lunasi Tunggakan

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts, mengingatkan PSSI agar segera melunasi tunggakannya kepada klub demi menghindari kemungkinan jatuhnya sanksi dari FIFA.

Jadwal Liga 1 hingga kini belum menemui tanggal yang pasti untuk dimulai, terakhir 10 Maret 2018 terpilih jadi tanggal yang baik untuk memulai kompetisi.

Tanggal 10 Maret 2018 tersebut pun masih bersifat tentatif alias belum resmi.

Hal itu dikarenakan adanya permintaan dari Menpora Imam Nahrawi kepada PT LIB selaku penyelenggara liga untuk menyelesaikan permasalahan utang kepada klub.

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts menilai peristiwa ini bisa saja membahayakan pemain, klub bahkan PSSI sendiri sebagai federasi sepak bola Indonesia.

Pelatih asal Belanda yang sudah bergelut di dunia sepak bola Indonesia sejak tahun 2009 ini mengatakan berbahaya jika pemerintah (Kemenpora) sudah ikut campur dalam mengurus liga.

“Kalau pemerintah (Kemenpora -red) terlibat lagi, yang mana kita dengar bahwa Menpora sudah bertemu orang-orang terlibat untuk membayar utang tersebut,” kata Robert.

Robert khawatir keterlibatan pemerintah akan mengorbankan banyak pihak di sepak bola Indonesia.

“Keterlibatan pemerintah artinya FIFA juga akan ikut terlibat, kita akan di banned lagi untuk beberapa tahun karena keterlibatan pemerintah,” jelas Robert.

Robert berharap kompetisi segera dimulai dan segala permasalahan cepat terselesaikan karena musim lalu liga sudah berjalan cukup baik.

“Tolong jangan biarkan ini terjadi lagi, banyak sekali yang dipertaruhkan, liga sebelumnya sudah berjalan bagus, biarkan liga mulai, ayo mulai semuanya!” tegas Robert.