Piala Gubernur Kaltim 2018 Jadi Ajang Pemantapan Tim

Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018 siap digulirkan mulai Jumat (23/2/2018) besok. Sebanyak tujuh tim Liga 1 dan Persiba Balikpapan dari Liga 2 yang dibagi dalam dua grup akan berjibaku menjadi yang terbaik dalam turnamen pramusim ini.

Borneo FC, PSIS Semarang, Arema FC, dan Mitra Kukar tergabung di Grup A. Keempat tim akan bertarung di Stadion Segiri, Samarinda. Sementara Grup B yang dihuni Madura United, Sriwijaya FC, Persebaya Surabaya, dan tuan rumah Persiba akan dihelat di Stadion Batakan, Balikpapan.

Laga pembuka akan menyajikan laga derby Borneo antara Borneo FC versus Mitra Kukar di Stadion Palaran, Samarinda. Selain itu, pada hari yang sama pertandingan kedua juga mempertemukan PSIS melawan Arema FC.

Wakil Ketua Steering Committee PGK 2018 Yunus Nusi menyatakan, turnamen tersebut menjadi ajang bagi tim peserta untuk memantapkan kekuatan sebelum mengarungi kompetisi resmi, Liga 1. Apalagi, PGK merupakan turnamen resmi dan telah mendapatkan rekomendasi dari PSSI.

“Semua tim yang kami undang punya kualitas dan semua dari Liga 1. Ini bagian agenda pramusim dari pemerintah dan masyarakat Kaltim sebelum klub mengikuti kompetisi Liga 1 maupun Liga 2. Semoga penyelenggaraan tahun ini lebih baik dibanding sebelumnya,” kata Yunus.

Yunus yang juga anggota Exco PSSI ini mengatakan, sejauh ini persiapan maksimal baik sebelum maupun setelah pertandingan. Kemarin tim peserta sudah mulai tiba di Balikpapan dan Samarinda yang menjadi tuan rumah. Bagi tim peserta, PGK menyiapkan total hadiah sebesar Rp6,2 miliar.

Tim juara akan mendapat hadiah Rp 1 miliar, runner-up Rp750 juta, peringkat ketiga Rp500 juta, dan keempat Rp250 juta. Sementara pemain terbaik akan mendapat Rp150 juta, top skor Rp100 juta, pemain muda terbaik Rp75 juta.

liga88
loading...