Regulasi Pemain Asing Liga 1 2018, dari Kompetisi Asia Hanya 20 Negara dan Afrika 5 Negara

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator Liga 1 2018, telah mengirimkan regulasi kompetisi. Salah satu yang penting dalam regulasi itu adalah strata kompetisi untuk verifikasi pemain asing.

Dari regulasi yang didapat TopSkor.id, hanya kompetisi di 20 negara Asia (AFC) dan 5 negara Afrika (CAF), yang pemainnya boleh beredar di Liga 1 2018.

Sedangkan kompetisi di negara Concacaf, Conmebol, hingga UEFA semuanya boleh berkiprah di Liga 1. Hanya kompetisi dari OFC atau Oseania yang tidak boleh bermain di Liga 1.

Dalam daftar negara itu juga termuat strata kompetisi di setiap negara. Dengan begitu klub dari Liga 1 tidak bisa sembarangan dalam mendatangkan pemain asing.

Adapun kuota pemain asing untuk Liga 1 2018 adalah 3+1. Artinya adalah 3 pemain asing dari non-Asia dan 1 pemain asing dari Asia.

Untuk negara di kompetisi Asia yang boleh masuk ke Indonesia adalah UEA, Korsel, Cina, Arab Saudi, Jepang, Qatar, Iran, Australia, Uzbekistan (harus kompetisi kasta II dan I), Thailand, Irak, Tajikistan, Malaysia, Hong Kong, India, Suriah, Vietnam, Yordania, Kuwait, dan Bahrain (harus kompetisi kasta I)

Sementara untuk kompetisi Afrika yang bisa berkiprah di Indonesia hanya Tunisia, Mesir, Kongo, Aljazair, dan Sudan (harus kompetisi kasta I). Kemudian Concacaf hanya kompetisi Meksiko yang boleh dari kasta II dan I, sisa negara lainnya harus kompetisi kasta I.

Untuk Conmebol hanya kompetisi Brasil dan Argentina yang boleh dari kasta III, II, dan I, sedangkan Cile, Peru, serta Kolombia dari kasta kompetisi II dan I, kemudian negara di luar itu harus dari kompetisi kasta tertinggi.

Dari UEFA pemain dari kompetisi Spanyol, Inggris, Italia, Jerman, Prancis, Rusia, dan Portugal boleh dari kasta III, II, dan I. Kemudian Ukraina, Belgia, Turki, Austria, Belanda, Rep. Ceko, dan Swiss, dari kasta II dan I. Sisanya harus dari kompetisi kasta tertinggi.

Perlu diketahui strata kompetisi untuk verifikasi ini bukan berarti membatasi negara asal pemain, tetapi hanya membatasi pemain terakhir bermain di kompetisi mana sesuai regulasi yang ditetapkan LIB.*Ari DP