Maret, Timnas Indonesia Tantang Singapura dan Filipina

Pemain Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum menghadapi Islandia dalam pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (14/1). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc/18.

Tim nasional Indonesia akan menjalani pertandingan persahabatan internasional resmi FIFA menghadapi Singapura dan Filipina masing-masing pada 21 Maret dan 25 Maret 2018. Keduanya berstatus laga tandang.

Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan pertandingan itu merupakan bagian dari persiapan tim nasional menuju Asian Games 2018. “Labelnya memang timnas senior, tetapi ini dalam misi menuju Asian Games 2018,” ujar Joko di Jakarta, Ahad (18/2).

Seperti diketahui, di Asian Games 2018 setiap tim nasional sepak bola putra harus diperkuat pemain U-23 tetapi dipersilakan menggunakan jasa paling banyak tiga pesepak bola senior. Selain dalam rangka Asian Games 2018, dua pertandingan tersebut juga dapat digunakan untuk memperbaiki posisi Indonesia di peringkat FIFA.

Berdasarkan data terkini, Indonesia berada di posisi 160 FIFA, sementara Singapura di posisi 173. Filipina sendiri berada cukup jauh di atas kedua negara tersebut dengan bertengger di peringkat 123.

Setelah pertandingan persahabatan FIFA tersebut, timnas Indonesia untuk Asian Games 2018 dijadwalkan bertanding di turnamen internasional yang digelar PSSI, Anniversary Cup pada 27 April-6 Mei 2018. Kejuaraan itu diikuti oleh empat negara termasuk Indonesia. Negara lain yang sudah memastikan ikut berpartisipasi yaitu Malaysia dan Bahrain, sementara sisanya sedang dalam konfirmasi.

Sementara untuk timnas U-19 yang dilatih Bima Sakti, PSSI memastikan akan ada agenda uji coba melawan Barito Putera pada 24 Februari 2018 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta. Di lapangan itu saat ini digelar pemusatan latihan (TC) bersama tim nasional U-23 dan U-19 yang berlangsung pada 18-25 Februari 2018.