Dilumat Persebaya, PSS Enggan Panik

PSS Sleman takluk 1-4 dari Persebaya Surabaya dalam uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (17/2/2018). Meski dilumat tim Bajul Ijo, pelatih PSS, Herry Kiswanto, tetap bersikap tenang. Menurutnya, kekalahan tersebut cukup bagus untuk mengetahui titik kelemahan tim asuhannya.

“Dengan kekalahan berarti masih ada hal yang harus dievaluasi. Tentu ini baik untuk membuat tim semakin berkembang. Jadi, jangan disikapi dengan kepanikan,” kata pelatih yang akrab disapa Herkis itu.

Herkis menjelaskan satu di antara kelemahan yang terlihat adalah belum padunya performa lini belakang. Wirabuana Prayoga, Achmad Hisyam Tolle, Yudi Khoerudin, dan Akbar Zakaria belum kompak. Pengawalan pemain lawan pun juga masih terlihat longgar.

Herkis menyadari terkait belum nyetel-nya performa pemain lini belakang PSS. Hal tersebut terlihat dari empat gol Persebaya yang semuanya tercipta melalui proses umpan tarik yang diakhiri dengan sundulan.

“Lini belakang masih longgar. Namun, saya memang sengaja tidak mengganti komposisi bek agar bisa melihat secara keseluruhan sehingga akan dapat banyak catatan untuk perbaikan,” ujarnya.

Mantan pelatih Persela Lamongan itu menambahkan dirinya akan melakukan evaluasi sebelum melakukan pertandingan uji tandang ke Kendal dalam waktu dekat. Tak hanya teknik, mental bertanding pemain PSS juga jadi bahan perbaikan.

“Evaluasi dilakukan secara menyeluruh karena ada masukan dari pelatih fisik kalau pemain terlihat “berat” saat bermain. Nanti akan jadi bahan evaluasi juga bersama pemain,” kata Herkis.