Jadwal Liga 1 kembali mundur, Barito Putera tak kaget

Kembali mundurnya kick-off kompetisi Liga 1 musim 2018 tak membuat Barito Putera terkejut. Laskar Antasari -julukan Barito Putera- menyebut perubahan jadwal bukanlah hal yang jarang terjadi di sepakbola Indonesia.

“Sebenarnya, di Indonesia, kita semua sudah sering menghadapi situasi seperti itu,” ujar Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago, pada Bola.net.

“Mengganggu memang, tapi sebagai pelatih kami harus punya kreativitas mencari alternatif, mengantisipasi hal-hal seperti ini,” sambung pelatih asal Brasil tersebut.

Menurut Jacksen, masalah jadwal merupakan salah satu rintangan yang harus dihadapi tim dalam meraih target di kompetisi. Namun, pelatih berusia 49 tahun tersebut menegaskan tim pelatih bakal berupaya keras mengantisipasi permasalahan seperti ini.

“Sebagai pelatih, kami selalu coba mencari akal mengantisipasi hal seperti ini,” sambungnya.

Sebelumnya, kompetisi Liga 1 dijadwalkan bakal digulirkan pada akhir Februari 2018. Namun, kemudian, jadwal mundur ke 3 Maret. Belakangan, jadwal kompetisi mundur lagi ke 10 Maret mendatang.

Sejauh ini belum diketahui penyebab terus mundurnya jadwal kompetisi Liga 1. Namun, muncul tengara hal ini berkaitan dengan masih tertunggaknya sisa pembayaran subsidi, hak komersial, ranking dan rating pada klub-klub peserta.

Sementara itu, senada dengan Jacksen, manajemen Barito Putera pun menilai bahwa pengunduran jadwal ini tak banyak berpengaruh bagi timnya. Pasalnya, mundurnya jadwal tak terlalu jauh dari rencana semula.

“Sepanjang pengunduran tak terlalu sporadis dari jadwal sebelumnya, menurut saya, toleransinya masih bagus,” tukas Asisten Manajer Barito Putera, Syarifuddin Ardasa.

“Saya rasa, perubahan ini tidak terlalu pengaruh pada program yang disusun tim pelatih,” ia menandaskan.