Persib Klub Pertama di Indonesia yang Punya Akademi Komplet

SEBAGAI salah satu klub besar, Persib ­Bandung ingin menunjukkan kiprahnya dalam membangun sepak bola di Indonesia.

Sebelumnya, Maung Bandung memiliki Diklat yang telah banyak melahirkan pemain berbakat. Tidak hanya memperkuat Maung Bandung, jebolan Diklat pun digaet beberapa klub peserta Liga 1.

Selain diklat, Maung Bandung kini memiliki akademi. Akademi itu menjadi afterschool program untuk anak-anak usia dini, terutama usia 10-16 tahun yang tertarik dan memiliki talenta menjadi pemain sepak bola. Di Akademi Persib, peserta didik akan diasah ­kemampuan secara teknik dan kemampuan.

Dengan demikian, Maung Bandung menjadi klub sepak bola pertama di Indonesia yang memiliki pusat pengembangan pembinaan, mulai dari usia ­dini hingga remaja. Ini sebagai upaya untuk melahirkan bibit-bibit pemain sepak bola ­profesional.

Akademi Persib juga bekerja sama dengan ­Inter Academy. Pelatih-pelatih profesional dari Akademi Inter Milan di Italia akan datang ke Bandung untuk membagikan ilmunya. Bahkan, saat peluncuran nanti, mantan kapten Inter Milan Javier Zanetti yang saat ini menjadi Wakil Presiden Inter Milan akan hadir.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Kuswara S Taryono mengatakan, kerja sama Akademi Persib dengan Inter Milan menjadi salah satu poin penting.

Ini sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab Maung Bandung untuk melahirkan generasi pemain potensial dan sebagai kontribusi terhadap sepak bola nasional.

”Persib merasa bersyukur dan bangga dengan adanya kerja sama ini. Akademi Persib bekerja sama dengan Akademi Inter Milan. Jadi, nanti bukan hanya menghadirkan Zanetti dan staf pelatih Akademi Inter, juga menggunakan kurikulum yang berbasis di Inter, yakni Centro Sportivo Giacinto Fachetti,” tutur Kuswara, Senin 12 Februari 2018.

Kuswara mengatakan, Akademi Persib ­mengedepankan unsur sportivitas seperti team work, kedisiplinan, kegigihan, rasa menghormati ­antarsesama.

”Kami yakin ini merupakan tempat yang tepat ­untuk pembentukan karakter. Kami percaya nilai sportivitas menjadi landasan bagi peserta didik, baik atlet atau individu,” katanya.

Dia menuturkan, Akademi Persib akan menjaring bibit-bibit pemain bertalenta yang nantinya mampu menjadi generasi penerus bersama Diklat Persib dan puncaknya tampil bersama Persib senior.

”Secara teknis, dari PT PBB akan ­mengomunikasikan teknisnya secara detail dengan Inter Milan. Untuk tempat latihan dan lainnya akan kita bahas secara khusus setelah perkenalan nanti,” ucapnya.

Sebelumnya, Maung Bandung menjadi salah satu dari lima klub di Indonesia yang mendapatkan lisensi AFC. Maung Bandung mendapatkan lisensi sebagai klub profesional dari Club Licensing Committee (CLC) PSSI.

Hal itu tertuang dalam surat keputusan bernomor 004/CLC- PSSI/X/2017 tertanggal 25 Oktober 2017. Maung Bandung dinyatakan lolos dalam 33 kriteria A yang meliputi aspek sporting, infrastructure, personel and administration, legal and financial.

Tidak hanya itu, Pangeran Biru juga dinyatakan ­lolos 8 kriteria B yang di antaranya grasroot ­programmes, educational programmes, dan duty to update future financial information.***

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*