Bomber Asing Perseru Juga Ajukan Naturalisasi

Menjadi warga negara Indonesia (WNI) rupanya menjadi impian bagi pemain asing yang berkiprah di Liga 1. Pemain asing Perseru Serui, Silvio Escobar, mengaku sudah menyerahkan dokumen proses naturalisasi.

Jumlah pemain asing yang kemudian dinaturalisasi menjadi WNI terus bertambah.

Bomber Sriwijaya FC, Alberto Gonchalves, menjadi orang perntama yang dapat status WNI di tahun 2018. Sementara, Esteban Vizracarra disebut segera menyusul.

(Baca Juga: Bek Real Madrid Ini Mengaku Tak Punya Formula Khusus untuk Hentikan Neymar)

Pada 2017 juga ada sejumlah pemain yang akhirnya mendapat status sebagai WNI.

Mereka adalah Guy Junior (Nigeria/PSM Makassar), Herman Dzumafo (Nigeria/Bhayarangkara FC), dan Ilija Spasojevic (Serbia/Bali United).

Ada pula nama Ezra Wallian yang bermain di Almeere City, klub kasta kedua Liga Belanda.

“Memang benar (ingin naturalisasi). Saya sudah mengajukan dokumen untuk bisa jadi warga negara Indonesia sejak tahun lalu (2017). Ini tahun kedua, saya akan mencoba untuk warga Indonesia lagi tahun ini,” kata Escobar.

Sama seperti dengan pemain asing lain yang ingin dan sudah dinaturalisasi, keluarga menjadi alasan Escobar mengapa ingin mendapatkan status WNI.
Saat ini, pemain kelahiran Paraguay tersebut sudah memiliki istri warga asli Indonesia.

“Istri orang indonesia dan sekarang tinggal di Jakarta. Kami masih belum punya anak, mudah-mudahan tahun ini kami diberi anak,” ujarnya.

Escobar tercatat sudah bermain di Indonesia sejak tahun 2014 yang lalu.

Karier pertama pemain yang kini berusia 31 tahun di Indonesia dijalani saat bermain di Persepam Madura United. Setelah itu, dia pernah bermain di Bali United sebelum ke Perseru.

Escobar bukan satu-satunya pemain yang mengajukan proses untuk menjadi WNI.

Setidaknya, ada dua pemain yang terang-terangan ingin menjadi WNI. Mereka yakni Otavio Dutra (Brasil/Persebaya Surabaya) dan OK John (Nigeria/Madura United).