Persiba Balikpapan Masih Butuh Perbaikan

Pelatih Persiba, Wanderley Junior menilai para pemainnya masih membutuhkan polesan menghadapi kompetisi Liga 2 Indonesia nanti. Dalam beberapa kali uji coba, tim ‘Beruang Madu’ belum menunjukan hasil maksimal seperti saat melawan PSIM Yogjakarta Selection.

“Disiplin pemain, juga sering kehilangan posisi dan komunikasi pemain juga saya rasa masih kurang,” kata pelatih asal Brazil ini, Jumat (9/2).

Dalam pertandingan itu, Wanderley menilai kemampuan penyelesaian akhir pemain harus terus ditingkatkan. Padahal, banyak peluang Persiba yang tercipta saat uji coba.

“Kita punya banyak peluang, tapi lagi-lagi finishing yang kurang, mungkin karena pemain kurang tenang saja,” ujarnya.

Dalam dua pekan kedepan ini, Wanderley menyebutkan, fokus utama adalah pembenahan kemampuan pemain jelang dimulainya kompetisi kasta kedua Indonesia. Ia tetap yakin kemampuannya membenahi beberapa ketimpangan dimiliki timnya.

“Kita masih punya “PR” yang harus diselesaikan. Kita tetap optimis bisa mengatasinya, karena kita punya target kembali ke liga 1 musim depan,” ujarnya.

Saat ini, Persiba masih melakukan evaluasi pemain pasca pertandingan lawan PSIM Yogjakarta berkesudahan imbang tanpa gol. Wanderley memastikan mencoret pemain seleksi yang gagal menunjukkan penampilan terbaik.

“Kita lihat sejauh mana penampilan mereka, kalau tidak cocok langsung kita pulangkan,” ujarnya.

Mantan pelatih Persipura Jayapura itu mengatakan, tak ingin menahan lama pemain. Sehingga nantinya jika gagal bergabung bersama Beruang Madu bisa mencari klub lain.

“Kita ingin mereka langsung bisa cari klub baru. Karena kan mereka selama ini mencari makan di sepakbola. Jadi kita tidak akan tahan lama, langsung dipulangkan,” ujarnya.

Sementara itu, saat ini Persiba memiliki 22 komposisi pemain seleksi dan usia 19. “Ada sejumlah pemain yang sudah masuk tahap seleksi,” kata Wanderley Junior.

Wanderley mengatakan, pemain-pemain keluar dan masuk mengikuti tahap seleksi tim “Beruang Madu” di Yogjakarta. Informasi terbaru, mantan striker Persis Solo dan Persepam Madura Dimas Galih Gumilang dikabarkan bergabung dalam susunan tim.

Wanderley terpikat gaya permainan penyerang asal Sukoharjo ini saat menjalani laga uji coba lawan PSIM Yogjakarta, dua hari lalu. Kepada pengurus Persiba, ia merekomendasikan agar pemain ini secepatnya memperoleh penawaran kontrak permanen.

Pelatih yang sempat menukangi klub Thailand dan Malaysia itu menilai, Dimas Galih sudah sesuai dengan kebutuhan tim yang memang membutuhkan striker murni.

“Dimas sudah sesuai kebutuhan kita, saya senang melihat penampilan dia di lapangan, dia striker bagus,” paparnya.

Selain itu ada 4 pemain yang baru bergabung diantaranya mantan bek kiri PSM Makassar, mantan kiper Persipura Jayapura Caitanus Ohoilulin dan gelandang Budiwana.

Dari 22 pemain itu, ada lima pemain musim kemarin yang dipertahankan yakni, Siswanto, Frangky Turnando, Tedi Hasanuddin, Bryan Cesar dan Jemmy Lakengke.

Persiba juga memulangkan dua pemain yang gagal menampilkan permainan terbaik yakni mantan pemain Persisam Samarinda Budiawan dan mantan Arema Indonesia Irfan Raditya. Kedua pemain itu penampilannya kurang memuaskan saat menghadapi PSIM Jogyakarta.

Sementara, tujuh pemain yang juga dalam tahap seleksi masih diberikan kesempatan menunjukkan skill nya di laga ujicoba menghadapi PSIS Semarang pada 10 Februari.

“Pemain seleksi lain masih akan kita pantau saat laga ujicoba menghadapi PSIS. Kita akan lihat mana yang terbaik,” ujarnya.

Pemain yang masih diberi kesempatan yakni mantan kiper Persipura Jayapura dan Perseman Manokwari Caitanus Ohoilulin. Bek tim nasional U-19 Kadek Raditya. Duo mantan kiper PSIS Barep Wahyudi dan Fajar Setya Jaya. Mantan striker Persik Kediri dan Persepam Madura Dimas Galih Gumilang. I Wayan Eka Nanda mantan gelandang PSMS Medan yang baru bergabung seleksi dua hari terakhir.

Daftar Sementara Pemain Persiba
KiperBarep Wahyudi Arif Wibowo Fajar Setya Jaya, Wildan

StopperSunny Hizbullah, Jemmy Lakengke, Kadek Raditya Maheswara, Muhammad Rokani

Bek kiriSiswanto DJ, Muhammad Kasim Slamat

Bek kananHerry Susilo, Arifki Eka Putra.

GelandangBryan Cesar Ramadhan, Yosep Yopi Marandof, Sandi Septian, Yus Arfandi Djavar, Ilhamsyah, Fengky Turnando, Rossy Noprihanis, Helmy Putra Damanik

StrikerBeny Oktovianto, Tedi Hasanuddin, Siswanto.