Faktor Suporter, Bhayangkara FC Jadwalkan Uji Coba dengan PSIS Semarang?

Juara bertahan Liga 1 musim lalu, Bhayangkara FC berencana melakukan sejumlah uji coba menjelang Liga 1 2018 yang akan bergulir awal Maret mendatang. Hal itu menyusul kemunduran jadwal kick off dari tanggal 3 ke 10 Maret 2018. 

Asisten pelatih Bhayangkara FC, Yeyen Tumena mengatakan pihaknya sudah menerima laporan terkair mundurnya kick off Liga 1. Kesempatan itu dimanfaarkan oleh Bhayangkara FC untuk mematangkan skuatnya. Karenanya tim pelatih The Guardian menginginkan uji coba dengan klub di dalam negeri, namun dengan syarat harus memiliki basis suporter fanatik sehingga memberikan tekanan lebih bagi anak asuh Simon McMenemy. 

“Kita dapat konfirmasi mundurnya kompetisi ke tanggal 10 itu baru kemarin dan sudah bicara dengan pelatih dan manajemen untuk mencoba menggelar beberapa uji coba. Saat sedang di-setting dan kemungkinan digelar di minggu ketiga atau keempat bulan ini, kita single match saja sesuaikan dengan jadwal kompetisi yang main satu minggu dua kali dan lainnya,” ucap Yeyen Tumena.

“Untuk uji cobanya kita akan cari lawan dan sejauh ini sudah komunikasi dengan sejumlah tim yang punya fanbase kuat. Kita ingin main di tempat lawan yang punya suporter banyak,” sambungnya.

Meski demikian, Yeyen Tumena tidak menyebutkan secara detail klub Indonesia mana yang akan di ajak bertanding. Ia belum membocorkan apakah tim itu dari Liga 1 ataupun 2 walau banyak klub dari dua kasta itu yang punya penggemar fanatik.

Setelah menjuarai Liga 1 2017, Bhayangkara FC memang gagal berbuat banyak di gelaran pra musim yakni Piala Presiden 2018. Meski menempati runner up grup E, pasukan The Guardian gagal lolos ke fase babak delapan besar karena kalah saing dengan runner up grup lainnya seperti Persija Jakarta maupun PSMS Medan. 

Di sisi lain, klub promosi Liga 1, PSIS Semarang dilaporkan tertarik menjajaki uji coba dengan Bhayangkara FC. Saat ini, General Manager PSIS, Wahyu Winarto. mengatakan sedang berkomunikasi dengan pihak The Guardian. Format uji coba yang ditawarkan, yakni pertandingan kandang dan tandang, namun semua masih dalam tahap pembicaraan.