Michael Owen: Indonesia Potensial Untuk Dirikan Akademi

Mantan striker Liverpool dan Manchester United Michael Owen terus mengembangkan akademi sepakbolanya di sejumlah negara. Kali ini Indonesia dijajaki untuk mendirikan Michael Owen Football Center (MOFC).

Hal itu diungkapkan Owen dalam kunjungannya ke kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora) kemarin sore. Owen menyatakan Indonesia mempunyai potensi besar untuk mengembangkan pemain muda. Menurutnya, Indonesia memiliki pesepakbola yang kuat dan penuh gairah.

“Masyarakat Indonesia begitu gila dengan sepakbola. Sepakbola membutuhkan banyak orang untuk bermain. Di MOFC, kami berlatih mengontrol bola. Jadi saya pikir ini terbuka untuk semua orang,” kata Owen.

“Jadi itu suatu hal yang positif. Saya tahu dari negara saya, Indonesia punya gairah besar untuk sepakbola.”

Sementara Sesmenpora Gatot S Dewa Broto mengungkapkan, Owen lebih fokus terhadap pemain usia dini untuk mencetak pesepakbola masa depan. Owen juga menyampaikan kekagumannya terhadap fans sepakbola di Indonesia.

“Saya sangat kagum dengan suporter Indonesia. Kebanggaan suporter Indonesia terhadap klub-klub sepakbola Eropa semakin tinggi. Owen berharap kebanggaan suporter Indonesia terhadap klub sepakbola Eropa harus berdampak positif,” ucap Gatot mengutip peryataan Owen.

“Tidak hanya fanatisme terhadap klub Eropa, tapi juga ikut mendorong peningkatan kualitas dari klub itu sendiri. Ia juga tadi mengingatkan pada pemerintah, sehabat apapun pemain, tetap nomor satu dimulai dari usia muda.”