Rahmad Darmawan Tetapkan Tiga Kapten Sriwijaya FC

Sebelum menjalani laga perempat final Piala Presiden 2018 melawan Arema FC di Stadion Manahan, Solo, Ahad malam (4/2), Sriwijaya FC menetapkan tiga pemain senior sebagai kapten tim. Kapten tim berjuluk Laskar Wong Kito itu akan menjadi pemimpin skuat di lapangan.

“Untuk kapten tim kami sudah membuat keputusan baku. Ada tiga pemain yang ditetapkan menjadi kapten Sriwijaya FC. Tiga pemain Hamka Hamzah, Yoo Hyun Koo, dan Alberto Goncalves. Mereka bertiga bisa ditunjuk sebagai kapten tim sekaligus menjadi wakil kapten tim,” kata pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan, Ahad (4/2).

Menurut pelatih yang akrab disapa RD, posisi kapten tim memang cukup krusial karena bertugas sebagai penyambung lidah antara pemain dan wasit saat laga. “Kapten tim juga harus berkepala dingin, tidak hanya mengedepankan egoisme pemain,” ujarnya.

Selama menjalani laga Piala Presiden 2018, RD sudah pernah menunjuk tiga pemain tersebut sebagai kapten tim. Pemain asing asal Korea Yoo Hyun Koo sudah menjadi kapten Sriwijaya sejak musim kompetisi Liga 1 Indonesia 2017.

Kemudian Alberto Goncalves sudah pernah ditunjuk RD sebagai kapten tim pada babak penyisihan Piala Presiden 2018. Adapun Hamka Hamzah langsung menyandang ban kapten tim saat Sriwijaya melawan PSMS pada pertandingan Grup A Piala Presiden 2018. Sebelumnya, RD juga pernah menunjuk Bio Paulin menjadi kapten tim.

Sebagai pemain lokal senior, Hamzah Hamka berpeluang menyandang sebagai kapten tim saat Sriwijaya menjalani laga krusial menghadap Arema di Stadion Manahan, Solo.

RD juga menjelaskan, di Sriwijaya tidak ada rebutan jabatan kapten tim antarpemain. “Siapapun yang terpilih menjadi kapten tim harus punya komunikasi yang baik, antarpemain juga dengan pelatih,” jelas mantan pelatih T-Team Malaysia itu.