Eksodus Besar-besaran Persib Jelang Liga 1 2018

Persib Bandung melepas sejumlah pemain mereka dari musim lalu. Mereka merevolusi skuat untuk memperbaiki penampilan untuk musim depan.

Di Liga 1 musim lalu, Persib finis di peringkat ke-13 klasemen. Hariono dan kawan-kawan hanya mengoleksi 41 poin dari 34 pertandingan.

Mario Gomez pun didatangkan guna menangani tim berjulukan Maung Bandung itu. Pelatih asal Argentina ini punya torehan hebat bersama klub Malaysia, Johor Darul Ta’zim (JDT) dengan menjuarai Liga Super, Piala Malaysia, dan Piala AFC.

Persib pun berbenah dengan mendepak beberapa pemain. Vladimir Vujovic kontraknya tidak diperpanjang, demikian juga dengan Shohei Matsunaga.

Jejak dua pemain asing itu diikuti Jajang Sukmara, Purwaka Yudhi, Raphael Maitimo, Ahmad Basith, dan Angga Putra. Mereka tidak lagi berseragam Persib sejak Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018.

Terakhir, Achmad Jufriyanto (Jupe) dan Sergio van Dijk juga meninggalkan Persib. Jupe bergabung dengan klub Malaysia, Kuala Lumpur FA, sedangkan Van Dijk memilih membela klub amatir Belanda, Pelikaan-S.

Kabar terakhir, kapten Persib musim lalu, Atep Rizal, juga diminati klub Thailand. Ini kian menyiratkan eksodus besar-besaran klub yang juga berjulukan Pangeran Biru ini.

Yang perlu dipertanyakan adalah Persib mengambil kebijakan tidak populer belakangan ini. Persib merekrut mantan-mantan pemain seperti Eka Ramdani dan Airlangga Sutjipto.

Padahal, usia mereka sudah kepala tiga. Selain itu, penampilan Eka dan Airlangga di klub sebelumnya juga tidak istimewa. Ini sempat menjadi pertanyaan mengapa digaet Persib.