Kunci Keberhasilan Kalteng Putra Tahan Barito Putera di Piala Presiden

Tim Liga 2, Kalteng Putra FC, membuat kejutan dengan menahan tim kuat Barito Putera dengan skor 1-1 pada babak penyisihan Grup B Piala Presiden 2018, di Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang, tadi malam.

Gol Kalteng Putra dicetak oleh Michael Rumere di menit ke 70, sedangkan gol balasan Barito Putera dihasilkan oleh M Rifqi di menit ke 75. Dengan satu poin yang berhasil diraih ini, Kalteng Putra berada di peringkat kedua klasemen sementara Grub B, di bawah Mitra Kukar FC yang mengalahkan Martapura FC dengan skor 2-0. Sementara Barito Putra menempati posisi ketiga dan Martapura FC terbenam di papan bawah.

Hasil positif ini mendapat apresiasi dari pelatih Kalteng Putra, Kas Hartadi yang mengatakan sangat puas dengan penampilan anak asuhnya, kendati minim persiapan. “Apresiasi kepada pemain, walau dengan persiapan empat hari dan kita latihan dengan 12 orang saja dan sisanya langsung diberangkatkan ke Tenggarong tapi kita punya semangat mau kerja keras,” katanya.

Ia mengucapkan terima kasih pada pemain yang memiliki daya juang tinggi hingga bisa mengimbangi Barito Putera yang merupakan kontestan Liga 1. “Kunci keberhasilan kami yakni bermain secara organisasi, komunikasi dan tidak panik dan sabar,” kata pelatih asal Solo ini.

Mantan pelatih Persik Kediri ini mengatakan masih ada evaluasi yang akan dilakukan menghadapi dua pertandingan berikutnya. “Ada beberapa kesalahan elementer yang akan dievaluasi. Kami punya waktu empat hari untuk recovery dan evaluasi,” katanya.

Sementara itu, pelatih Barito Jacksen F. Tiago mengatakan jalannya pertandingan kedua kesebelasan sangat menarik karena mempertemukan dua tim asal Kalimantan. Mereka menunjukkan semangat juang tinggi. “Saya yakin penonton menikmati jalannya pertandingan,” katanya.

Walau tak meraih hasil maksimal, mantan pelatih Persipura ini mengatakan ada peningkatan dari segi permainan. Dari progres tim saat uji coba sebelumnya ada peningkatan yang luar biasa,” katanya.

Jacksen mengatakan Barito Putra bermain di Piala Presiden ini dalam kondisi yang belum siap karena pesiapan yang sangat mepet. “Kekurangan ini menjadi tanggung jawab pelatih, karena belum memberikan materi yang cukup seperti bermain di liga. Mereka baru empat hari latihan sehingga belum menyentuh semua aspek permainan, saya punya catatan yang akan dilakukan untuk membenahi tim,” katanya.

Tujuan dari keikutsertaan di Piala Presiden ini adalah memadukan pemain lama dengan yang baru sehingga mereka memahami apa yang diinginkan pelatih. “Malam ini ada peningkatan permainan, saya tak menyalahkan pemain sepenuhnya, karena ini permulaan dari sebuah pekerjaan. Saya tahu harapan semua orang Barito harus menang tapi kompetisi ini sulit karena persiapan , pemain baru tanggal 3 Januari kumpul, saya tiba tanggal 11Januari,” katanya.

Selanjutnya, pada Senin 22 Januari 2018, Barito Putra akan menghadapi Martapura FC dan di laga kedua Kalteng Putra akan meladeni Mitra Kukar. Sedangkan pada Sabtu 27 Januari, Mitra Kukar akan menantang Barito Putra dan dipertandingan kedua Kalteng Putra akan bertemu Martapura FC.