Fakhri Husaini Soroti Fisik Pemain Timnas Indonesia U-16

Pelatih kepala Tim Nasional U-16, Fakhri Husaini telah memanggil 30 orang pemain untuk melengkapi pemusatan latihan di Stadion Atang Sutresna, Kompleks Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (19/1/2018).

Dalam pemusatan latihan kali ini, Fakhri memanggil kembali 23 pemainnya yang sukses merebut tiket pada ajang kualifikasi Piala Asia U-16 di Thailand tahun lalu ditambah tujuh orang pemain yang baru dipanggil hasil pantauannya di Piala Soeratin dan beberapa kompetisi lainnya.

“Saya coba untuk memulai membudayakan transisi negatif pada pagi ini, sehingga sore nanti difokuskan pada latihan transisi positif.”

“Artinya transisi negatif itu dari menyerang ke bertahan. Saya melihat anak anak sudah mulai menanamkan transisi negatif ini di setiap latihan. Jadi saat kami kehilangan bola, harus cepat kembali apakah itu direbut kembali atau turun. Ya itu tadi penekanannya itu dalam latihan,” katanya.

Fakhri menyebut kendala skuat Garuda Muda sejauh ini adalah soal fisik.

“Selalu ada kendala, ya itu tadi kebugaran mereka tidak sama, ketika latihan ini ada beberapa pemain yang cedera, tapi secara umum masih banyak yang bisa mengikuti.”

Timnas U-16 direncanakan akan menjalani jadwal padat di beberapa kali pertandingan.

Seperti, Turnamen Jenesys di Jepang yang rencananya akan digelar pada tanggal 6 – 15 Maret 2018 dimana ini adalah undangan dari negara Jepang yang diikuti oleh tuan rumah Jepang serta 10 negara Asia Tenggara lainnya seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Timor Leste, Kamboja, Laos, Myanmar Thailand dan Vietnam.

Kemudian piala AFF U-16 2018 30 Juli – 11 Agustus 2018 dimana Indonesia sebagai tuan rumah dan yang terakhir ada piala AFC U-16 2018 di Malaysia tanggal 20 – 30 September 2018.