Persija Gulung PSPS di Bawah Guyuran Hujan

Persija Jakarta meraih kemenangan telak 3-0 atas PSPS Riau dalam pertandingan Grup D Piala Presiden 2018 yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (19/1/2018).

Marko Simic, Ismed Sofyan, dan Bambang Pamungkas menjadi aktor kemenangan Macan Kemayoran dalam pertandingan pertama mereka di Piala Presiden 2018.

PSPS tampak memutuskan untuk bermain bertahan di awal pertandingan. Tim asuhan Jafri Sastra itu memilih menunggu datangnya pemain Persija sebelum akhirnya maju menyerang dengan serangan balik cepat.

Strategi itu cukup berhasil karena Tim Asykar Bertuah mendapat peluang emas dan bahkan mengoyak jala gawang Persija pada menit ke-13. Namun, wasit menganulir gol yang dicetak oleh Osas Saha saat itu karena striker PSPS itu dinilai sudah berada di posisi offside.

Persija akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-24. Marko Simic berhasil membawa Macan Kemayoran unggul berkat gol yang dicetaknya setelah menerima umpan matang dari Ramdani Lestaluhu.

Persija mendapatkan peluang untuk mencetak gol kedua pada menit ke-31. Sebuah umpan dilepaskan oleh Riko Simanjuntak yang melakukan penetrasi dari sisi kanan lapangan.

Tandukan kepala dilakukan oleh Novri Setiawan di depan gawang PSPS. Namun, penyelamatan gemilang berhasil dilakukan oleh kiper PSPS, Ismail Hanafi.

Marko Simic berhasil menjebol gawang PSPS untuk kedua kalinya pada menit ke-40. Namun, asisten wasit mengangkat bendera dan menyatakan posisi striker asal Kroasia itu sudah berada di dalam posisi offside. Kedudukan pun tetap 1-0 untuk keunggulan Persija hingga 45 menit pertama berakhir.

Wasit sempat menunda dimulainya babak kedua selama kurang lebih 30 menit setelah lapangan Stadion Kapten I Wayan Dipta tergenang air cukup buruk karena hujan yang turun sangat lebat. Namun, setelah panitia pelaksana melakukan usaha membersihkan lapangan dari genangan air, babak kedua dimulai sekitar pukul 22.20 WITA atau 21.30 WIB.

Persija berhasil menggandakan keunggulan enam menit setelah babak kedua berjalan. Ismed Sofyan mencetak gol bagi Persija melalui titik putih setelah wasit memberikan penalti kepada Macan Kemayoran usai pelanggaran yang dilakukan kiper PSPS, Ismail Hanafi, kepada Riko Simanjuntak di dalam kotak terlarang.

Bambang Pamungkas mencetak gol ketiga Persija Jakarta pada menit ke-86 setelah menerima umpan panjang dari tengah lapangan yang dilepaskan oleh Sandi Sute.

Sang ikon Persija yang masuk lapangan pada menit ke-71 menerima umpan dari Sandi Sute, menahan bola dengan dadanya, dan menembak bola yang masuk ke gawang PSPS tanpa halangan karena Ismail Hanafi sudah terlebih dulu salah pergerakan.

Persija Jakarta mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 3-0 atas PSPS Riau. Kemenangan ini pun membuat tim ibu kota menggeser posisi Bali United dari posisi puncak klasemen Grup D Piala Presiden 2018 dengan keunggulan selisih gol. Bali United sebelumnya juga berhasil menang atas Borneo FC dengan skor 3-2.

Komposisi Pemain
Susunan pemain

Persija (4-3-3): Muhammad Rizky Darmawan (Kiper); Valentinus Telaubun, Ismed Sofyan, Jaimerson da Silva, Maman Abdurrahman (Belakang); Asri Akbar, Nugroho Fatchur Rochman, Ramdani Lestaluhu (Tengah); Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Marko Simic (Depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco.

PSPS (4-2-3-1): Ismail Hanafi (Kiper); Eriyanto, Syaiful Anwar, Wahyu Kristan, Syaiful Ramadhan (Belakang); Muhammad Aliah Al Fuad, Viktor Pae, Rendy Saputra, Ichsan Pratama, Firman Septian (tengah), Osas Saha (depan).

Pelatih: Jafri Sastra.

loading...