PSSI DIY Ajak Asprov Lain Segera Menggulirkan Liga 3 2018

Wakil Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY, Dwi Irianto, mengajak Asprov lain untuk segera menggulirkan kompetisi Liga 3 2018 di wilayah masing-masing. Ajakan itu disampaikan Dwi Irianto agar pelaksanaan Liga 3 tahun 2018 tidak molor.

“Durasi kompetisi Liga 3 sangat panjang. Jadi, kalau Asprov segera bergerak memutar tingkat provinsi, pelaksanaan bisa semakin lama,” ungkap pria yang akrab disapa Mbah Putih itu, Kamis (18/1/2018).

Seperti diketahui, format Liga 3 berdasarkan hasil Kongres PSSI 2018 dilakukan dalam dua tingkatan. Untuk tingkat pertama diputar di masing-masing Asprov dengan peserta klub-klub Liga 3 musim lalu.

Setelah itu, klub yang lolos sebagai perwakilan provinsi tampil di babak nasional dan dipertemukan dengan 40 tim yang terdegradasi dari Liga 2 musim depan.

“Makanya, kompetisi tingkat provinsi harus segera diputar untuk mencari tim yang lolos ke nasional dan bertemu dengan 40 tim yang sudah menunggu,” lanjut Dwi Irianto.

Di sisi lain, meski sudah memberikan jadwal awal kompetisi Liga 1 dan 2 2018, Dwi Irianto, berharap PSSI segera mengeluarkan regulasi resmi.

Untuk Liga 1, rencananya bergulir setelah turnamen Piala Presiden 2018 selesai pada 17 Februari 2018. Setelah Liga 1 dimulai, dilanjutkan dengan kick-off Liga 2 2018.

“Memang hasil Kongres PSSI lalu menetapkan kompetisi mulai sekitar Maret, tapi itu belum disertai kepastian regulasinya seperti apa. Nah, saat ini PSSI harus segera mengeluarkan regulasi baik untuk Liga 1, 2 dan juga 3,” tegasnya.