Persipura Punya Modal Rp 17 Miliar Untuk Mengarungi Liga 1 2018

Persoalan krisis pendanaan Persipura Jayapura akhirnya berlalu. Bermodal injeksi dana dari dua sponsor kakap, Tim Mutiara Hitam punya modal Rp 17 miliar buat mengarungi Liga 1 2018.

Ketua umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano didampingi Manajer Tim, Rudy Maswi, Sekretaris Umum, Ricky Bebena dan Media Officer, Bento Madubun, pada hari Kamis (18/1/2018) telah bertemu dengan pihak Freeport Indonesia yang diwakili oleh Clementino Lamury, Riza Pratama, Napoleon Saway dan Spencer Paoh.

Pada pertemuan tersebut telah disepakati bahwa PT. Freeport Indonesia pada 2018 akan sponsori Persipura Jayapura senilai Rp 8,5Miliar.

“Mereka akan memberi tambahan Rp 1,5 miliar bila nantinya Persipura juara,” ujar Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano.

“Mereka juga bersedia untuk mengucurkan dananya dalam waktu dekat sehingga tim bisa segera melakoni aktivitas,” tambah Tomi Mano.

Tomi Mano jelas gembira dengan keputusan Freeport kembali mensponsori Persipura. Langkah tim juara Indonesia Soccer Championship 2016 itu terhuyung karena problem ketersediaan dana segar. Klub pun memilih absen karena belum bisa mengumpulkan pemain.

Sejumlah pemain inti mereka memilih hengkang ke klub lain.

“Untuk itu kami berterima kasih kepada PT. Freeport Indonesia atas kepeduliannya, bahkan mereka juga siap bantu untuk musim depan bila tidak ada kendala berarti, dengan begitu Freeport telah menunjukkan perhatian pada perkembangan olahraga di Papua, termasuk mendirikan venue di Timika untuk PON XX, kami berterimakasih untuk kepedulian Freeport,” katanya.

Menurut Tomi Mano, dalam waktu dekat para pemain akan dikumpulkan dan persiapan latihan atau TC.

“Minggu depan kita kumpulkan pemain supaya bisa segera latihan dan TC,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Jayapura tersebut.

Selain Freeport, Persipura juga mendapat dukungan dari BUMD Papua, Bank Papua.Bank Papua sudah menggelontorkan dana kepada Persipura Jayapura sebesar Rp 8,5 miliar untuk mengarungi Liga 1 2018.

Direktur utama Bank Papua F Zendrato usai melakukan pertemuan dengan manajemen Persipura, Jumat (5/1/2018), mengatakan kerja sama dengan Persipura Jayapura tahun ini ada kenaikan dari tahun 2017.

“Tahun kemarin sponsor kami Rp 7,5 miliar, tahun ini naik jadi Rp 8,5 miliar,” ujarnya.

Jadi total kini Persipura Jayapura punya modal dana segar Rp 17 miliar. Angka tersebut sudah cukup buat tampil di kompetisi. Apalagi klub yang satu ini punya tabungan subsidi hak siar di Liga 1 2017 yang belum dibayar PT Liga Indonesia Baru.