PREVIEW PIALA PRESIDEN: BARITO PUTERA – KALTENG PUTRA

Jajaran pelatih Barito Putera belum memastikan bakal menurunkan seluruh pemain asingnya saat menghadapi Kalteng Putra pada pertandingan perdana mereka di Grup B Piala Presiden 2018 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong.

Ketika beruji coba melawan Arema FC pekan lalu, Barito Putera hanya menurunkan bek Aaron Evan dan striker Patrick Da Silva. Sedangkan duo gelandang Matias Cordoba dan Douglas Packer absen, karena belum lama bergabung dengan tim.

Asisten pelatih Yunan Helmi mengatakan, secara keseluruhan Laskar Antasari siap menjalani laga perdana di Grup B, kendati kebugaran pemain belum maksimal. Menurutnya, Barito Putera tetap menginginkan kemenangan di laga nanti.

“Kami tidak akan memandang remeh Kalteng Putra. Tidak perlu melihat dari mana lawan yang dihadapi, dari kasta Liga 1 atau Liga 2. Kami harus bisa bermain maksimal demi meraih kemenangan,” tegas Yunan.

“Buat kami siapa tim yang paling siap, pasti dia yang akan akan mendapatkan hasil maksimal. Kami fokus terhadap diri sendiri. Kami minta pemain jangan sampai terbebani di pertandingan pertama.”

Sementara itu, pelatih Kalteng Putra Kashartadi tidak memasang target tinggi di Piala Presiden. Apalagi kehadiran mereka di turnamen pramusim ini sebagai pengganti Persipura Jayapura yang menolak tampil.

Praktis persiapan Kalteng Putra tidak maksimal setelah mereka ditunjuk secara mendadak. Kashartadi pun enggan menghitung peluang Kalteng Putra di pertandingan nanti.

“Kami sadar akan kekuatan dan persiapan yang minim. Kami baru kumpul sekitar tanggal 10 Januari kemarin, itu pun masih didominasi pemain lama dengan jumlah 15 pemain,” ucap Kashartadi.

“Tapi kami tetap akan berusaha tampil baik. Kami tahu Barito merupakan tim yang mapan di Liga 1, dan mereka sudah menyiapkan turnamen ini lebih baik. Ada beberapa pemain yang kami uji cobakan, karena memang mereka baru saja ikut bergabung.”

Berikut prakiraan susunan pemain kedua tim:

Barito Putera: Dian Agus Prasetyo; Andy Setiawan, Dandi Maulana, Aaron Evans, Roni Beroperay, Rifqi, Paulo Sitanggang, Fajar Handika, Nazar Nurzaidin, Samsul Arif, Patrick da Silva.

Kalteng Putra: Fachri Ramadhan; Bhudiar M Riza, Taufiq Kasrun, Zaenal Haq, Michael Orah, Rais, Dennis Buiney, Michael Rumere, Joko Sasongko, Dominggus Karewai, Kushedya Hari Yudo.