Bali United Vs Tampines Rovers: Pantang Buang Kesempatan

Bali United akan menjamu Tampines Rovers pada play-off putaran pertama Liga Champions Asia 2018, di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (16/1/2018). Siapa yang menang, akan melaju ke babak selanjutnya.

Artinya, jika sampai tergelincir, pupus sudah untuk bertarung di turnamen tertinggi antarklub se Asia tersebut. Bali United selaku tuan rumah pun enggan kehilangan satu-satunya kesempatan yang sudah di depan mata.

”Kami membawa nama Indonesia dan secara khusus Pulau Bali ini membanggakan. Tentu kesempatan ini tidak akan kami sia-siakan. Apalagi pertandingan hanya berlangsung sekali. Kalah berarti selesai,” kata pelatih Bali United, Widodo C Putro dalam konfrensi pers di Stadion I Wayan Dipta.

Bermain di kandang sendiri, motivasi Bali United dipastikan berlipat dengan hadirnya belasan ribu suporter setia. Terlebih, striker naturalisasi, Ilija Spasojevic bisa diturunkan karena status pemain lokal sudah disahkan.

Sebelumnya, mantan penyerang Bhayangkara FC itu tak bisa dimanikan karena dalam regulasi hanya empat ekspatriat saja yang bisa diturunkan. Belum lagi empat pemain asing yakni bek asal Korsel, Ahn-Byung Keon, Kevin Brands, dan Nick Van Der Velden (Belanda), Demerson Costa (Brasil).

Berbicara hal teknis, mantan juru taktik Sriwijaya FC itu sudah mempelajari banyak hal dari skuat berjuluk The Stags. Pelatih 47 tahun itu sudah mencermati permainan lawan melalui video pertandingan.

”Persiaspan kami sudah sejak awal Desember. Kami sudah memeprsiapkan segalanya baik sisi psikologi, dan tentu taktikal dengan maksimal,” tegas pelatih kelahiran Cilacap itu.

Bali United akan menghadapi Tampines Rovers pada play-off Liga Champions Asia. (Bola.com/Ronald Seger)
Jika tuan rumah bakal tampil dengan kekuatan penuh, hal berbeda dialami Tampines Rovers. Tim tamu sedang pincang. Dua pemain asing berposisi sebagai pemain sayap, Jordan Webb dan Ryutaro Megumi cedera dan tidak dibawa ke Pulau Dewata.

”Kami hanya membawa 18 pemain dan ada beberapa tambahan dari tim U-23. Mudah-mudahan mereka cepat menyatu dengan permainan tim,” tegas pelatih Jurgen Raab.

Meski datang dengan compang-camping, namun pelatih asal Jerman itu termotivasi untuk menang. Bermain melawan tim-tim Indonesia disebutnya memiliki rasa tersendiri.

”Mereka juga didukung belasan ribu suporter yang tidak pernah kami rasakan. Ini jadi motivasi kami untuk membuktikan diri,” ucapnya.(Ronald Seger Prabowo)

Prakiraan Susunan Pemain:

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (Kiper); I Made Andhika, Ahn-Byung Keon, Demerson Costa, Ricky Fajrin (Belakang); Fadil Sausu (c), Stefano Lilipaly, M Taufiq (Tengah); Nick Velden, Ilija Spasojevic, Irfan Bachdim (Depan)

Pelatih: Widodo C Putro

Tampines Rovers (4-4-2): Izwan Mahbud (Kiper); Fazli Ayob, Mustafic Fahrudin (c), Daniel Bennett, Hafiz Sujad (Belakang); Madhu Mohana, Shahdan Sulaiman, Shannon Stephen, Hafiz Rahim (Tengah); Khairul Amri, Ivan Jakov (Depan)

Pelatih: Jurgen Raab