Indra Sjafri: Liga 2 dan 3 Akan Lahirkan Pemain Muda Berbakat

Mantan pelatih tim nasional Indonesia U-19 Indra Sjafri yakin Indonesia tak akan kehabisan talenta muda berbakat di masa mendatang.

Indra Sjafri mengatakan bahwa ajang kompetisi Liga 2 dan 3 sangat baik untuk para pemain muda dalam mendapatkan pengalaman. Tak jarang dalam level itu banyak nama-nama baru yang muncul.

“Saya berharap Liga 2 dan Liga 3 jadi wadah untuk kita memberikan kesempatan kepada pemain muda,” kata Indra di Jakarta, Selasa (9/1).

Indra Sjafri menambahkan bahwa para pencari bakat untuk pemain masa depan skuat Garuda sangat berharap kepada Liga 2 dan Liga 3. Dimana pada Liga 2 dan Liga 3 diketahui tak memperbolehkan pemakaian jasa pemain asing sehingga ruang bagi pemain lokal untuk unjuk kebolehan terbuka lebar.

Berbeda dengan Liga 1, dimana pemain pemakaian pemain asing memang perlu dilakukan guna mendongkrak nilai jual kompetisi itu sendiri.

Memang Indra menyadari kehadiran pemain asing di posisi tertentu bisa menutup kesempatan pemain lokal menjadi pemain inti.

Salah satu posisi yang didominasi pemain asing Liga 1, lanjut dia adalah striker. Akibatnya, pelatih timnas kesulitan mencari striker mumpuni.

Namun kehadiran pemain asing di level tertinggi sebuah kompetisi di negara dibutuhkan untuk menjadikan industri yang lebih baik.

“Liga 1 benar-benar profesional. Kalau tak ada asing akan sulit kelola sepak bola jadi industri profesional. Kalau bicara industri, bicara brand, daya tarik pemain asing ini sangat membantu,” jelas Indra.