Toulon Tournament, Awal Egy Maulana Vikri Bisa Seperti Sekarang Ini

Toulon Tournament 2017 menjadi awal mula klub-klub Eropa terpincut Egy Maualana Vikri, pemain timnas Indonesia U-19.

Ya, untuk kali pertama, timnas Indoensia U-19 asuhan Indra Sjafri berpartisipasi di Toulon Tournament, Prancis pada 29 Mei-10 Juni 2017.

Salah satu turnamen usia muda bergengsi Eropa tersebut diikuti timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan menuju Piala AFF U-18 2017 di Myanmar, tiga bulan berselang.

Boleh dibilang, Egy Maulana memang tampil menonjol. Namun, timnas Indonesia U-19 gagal mendulang poin setelah kalah tipis dari Brasil, Republik Ceko, dan Skotlandia.

Kini, Egy Maulana Vikri menjadi jebolan timnas Indonesia U-19 era Indra Sjafri jilid II yang bakal dikontrak salah klub kasta teratas Eropa.

“Ya, ini berawal dari turnamen Toulon. Saat itu, dengan segala risiko sebagai pelatih, saya putuskan kami mengikuti turnamen tersebut,” ucap Indra Sjafri.

“Tanpa itu, tidak ada Egy,” tuturnya selepas menghadiri sesi jumpa pers AIA Championship 2018 di Jakarta, Selasa (9/1/2018).

“Banyak orang yang meramalkan kami akan kalah 0-10 dari Brasil. Tetapi, dari situ Egy muncul dan mendapatkan perhatian dunia,” tutur pelatih berdarah Minang itu.

Tercatat, klub-klub kasta teratas dari tujuh negara eropa berhasrat untuk mengontrak Egy secara profesional.

Artinya, Egy bakal bermain di tim utama bukan di akademi. Adapun sang pemain mengaku bakal memutuskan pilihannya dalam dua ke depan.