Persija Tanpa Pelatih di Partai Terakhir Suramadu Cup

Persija Jakarta bakal kehilangan pelatih Stefano Cugurra Teco di partai pamungkas turnamen Suramadu Super Cup (SSC) 2018. Tim berjuluk Macan Kemayoran ini akan menghadapi Persela Lamongan, Jumat (12/1/2018), di Stadion Gelora Bangkalan, Madura.

Teco bakal bertolak ke Malaysia bersama sejumlah pemain Persija untuk mengikuti turnamen Boost Sportsfix Super Cup 2018. Ajang pramusim ini akan bergulir pada 13-20 Januari.

Supaya dapat tampil maksimal di dua turnamen yang berdekatan itu, Persija membagi dua tim. Pertama, 17 pemain mengikuti Teco ke Malaysia. Sisanya, tetap tinggal di Bangkalan untuk partai menghadapi Persela.

“Ada pemain yang tetap bertahan di sini (Bangkalan). Bukan berarti kami menganggap remeh Persela,” ujar Media Officer Persija, Eko Romeo Yudiono ketika dihubungi Liputan6.com.

Sebagai gantinya, Persija akan dipimpin oleh asisten pelatih, Mustaqim. Pria yang karib dipanggil Abah Takim itu bakal bereuni dengan arsitek Persela, Aji Santoso. Semasa menjadi pesepak bola, keduanya adalah ikon Jawa Timur.

“Mustaqim yang memegang kendali Persija. Dia tahu soal sepak bola Jawa Timur. Apalagi nanti bertemu dengan Aji Santoso. Pasti ada gengsi antara keduanya,” papar Eko.

Stefano Cugurra Teco menjelaskan, keberangkatan lebih awal ke Malaysia untuk menunjukkan Persija serius mengikuti turnamen pramusim. Apalagi, Macan Kemayoran juga membutuhkan waktu adaptasi sebelum bertanding.

“Hari pertama kita istirahat di Malaysia. Hari kedua baru kita latihan,” ujar Teco.

Teco beserta 17 penggawa Macan Kemayoran bakal bertolak dari Madura menuju Malaysia pada Kamis (11/1/2018). Dua hari berselang, pasukan ibu kota telah ditunggu Ratchaburi FC di laga perdana Boost Sportsfix Super Cup 2018.

Usai meladeni perlawanan Ratchaburi FC, Persija bakal bertemu Kelantan FC pada 16 Januari. Turnamen pramusim ini hanya diikuti oleh tiga kesebelasan.

Dua pilar kunci, Andritany Ardhiyasa dan Rezaldi Hehanussa kemungkinan urung memperkuat Persija di Malaysia. Pasalnya, Tim Nasional (Timnas) Indonesia memanggil keduanya untuk laga uji coba melawan Islandia, Minggu (14/1/2018).

Jadwal Persija di Malaysia

13 Januari 2018 : Ratchaburi FC vs Persija Jakarta

16 Januari 2018 : Kelantan FA vs Persija Jakarta

20 Januari 2018 : Kelantan FA vs Ratchaburi FC