Jadwal Padat, Bali United Jaga Komitmen untuk Timnas Indonesia

Bali United akan menjalani jadwal yang cukup padat sepanjang 2018 karena akan tampil di level Asia selain kompetisi domestik. Meski harus menjalani jadwal padat sepanjang 2018, Bali United tetap akan menjaga komitmen untuk melepaskan pemain ke Timnas Indonesia ketika dibutuhkan.

Bali United memulai kiprah di level Asia dengan menjalani pertandingan babak pertama play-off Liga Champions Asia dengan menjamu Tampines Rovers di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada 16 Januari 2018.

Lolos atau tidaknya Bali United ke babak grup Liga Champions Asia, tim Serdadu Tridatu tetap akan berlaga di level Asia. Jika gagal lolos di Liga Champions Asia, Serdadu Tridatu akan tampil di Piala AFC 2018.

Dengan berlaga di level Asia dan Liga 1 2018, CEO Bali United, Yabes Tanuri, menyebut sudah melakukan perhitungan bersama pelatih Widodo Cahyono Putro.

Ada sekitar 48 pertandingan yang dilakukan oleh Bali United di luar Piala Presiden 2018 dan Piala Indonesia 2018. Menurutnya, jumlah pertandingan itu masih cukup wajar bagi sebuah tim dan tidak akan mengganggu komitmen Bali United untuk melepas pemain seandainya dibutuhkan Timnas Indonesia.

“Sebetulnya itu terhitung masih sedikit. Jika melihat pertandingan di Eropa, sebuah tim bisa memainkan 60 hingga 70 pertandingan per tahun. Selain itu, dengan banyak pemain yang kami miliki, semoga kami bisa memenuhi semua slot pertandingan tersebut, termasuk dengan komitmen kami terhadap negara, tentu kami utamakan,” ujar Yabes Tanuri dalam acara Bali United goes to Asia yang digelar di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Bali United menjalani tiga pertandingan di fase play-off sebelum memastikan diri masuk ke babak grup Liga Champions Asia. Jika berhasil meraih kemenangan atas Tampines Rovers, Bali United sudah ditunggu klub Thailand, Chaingrai United, di laga kedua. Jika menang lagi, di pertandingan ketiga Serdadu Tridatu akan menghadapi klub China, Shanghai SIPG.

Jika semua berhasil dilewati, Bali United akan tergabung di dalam Grup F Liga Champions Asia 2018 bersama Kawasaki Frontale, Ulsan Hyundai, dan Melbourne Victory. Namun, jika Bali United tersingkir karena kalah dalam satu pertandingan play-off itu, Serdadu Tridatu akan turun ke Piala AFC 2018.

Jika akhirnya bermain di Piala AFC 2018, Bali United akan membuat Madura United kehilangan hak bermain di level Asia. Selain itu Bali United akan bertemu dengan Global Cebu, FLC Thanh Hoa, dan Yangon United di Grup G Piala AFC 2018.