Indra Sjafri Imbau Semua Klub Utamakan Timnas Indonesia

Mantan pelatih Timnas Indonesia U19, Indra Sjafri, mengimbau kepada semua klub di tanah air, baik yang berkiprah di level Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3, untuk mengutamakan tim nasional. Artinya, klub harus senantiasa berpikir bahwa seluruh aktivitas sepakbola di tanah air akan bermuara ke Timnas Indonesia.

“Saya sudah satu tahun tidak terlibat di liga, jadi saya tidak tahu siapa saja pemain asing yang bagus atau tidak,” buka mantan pelatih Bali United ini beberapa waktu lalu.

“Sekarang yang perlu diperhatikan adalah Indonesia memiliki tiga liga. Apapun liganya, jangan sampai lupa jika semua kegiatan sepak bola di Indonesia ujungnya untuk Timnas Indonesia,” lanjut Indra Sjafri.

“Demi kepentingan timnas, seharusnya klub memberikan kesempatan besar kepada pemain lokal. Kita merasakan kesulitan mencari pemain depan atau striker karena posisi itu di klub mayoritas diberikan kepada pemain asing,” imbuhnya.

Maka itu, Indra Sjafri mengimbau, khususnya kepada klub Liga 2 dan Liga 3, untuk memprioritaskan pemain muda dalam kompetisi nanti. “Saya berharap Liga 2 dan 3 menjadi wadah untuk memberikan kesempatan kepada pemain muda.”

“Liga 1 memang benar-benar profesional dan jika kita bicara industri sepak bola, pemain asing dibutuhkan sebagai salah satu daya tarik,” lanjut Indra Sjafri.

“Liga 2 dan Liga 3 didesain untuk menelurkan pemain muda, itu pemikiran saya. Kita tidak bisa batasi pemain asing, tapi jangan juga batasi usia karena jika ada pemain berusia 16 tahun punya kualitas bermain di level Liga 1, mengapa tidak?” sebutnya.

loading...