Borneo FC Pantau Pemain Lewat Alat Canggih

Pusamania Borneo FC mulai melakukan pemusatan latihan di Lapangan Sepakbola Universitas Negeri Yogyakarta, Selasa 9 Januari 2018. Dalam latihan, setiap pemain memakai polar chip yang ditempelkan di tubuh setiap pemain.

Pelatih Borneo FC Iwan Setiawan, mengatakan polar chip sengaja ditempelkan ke tubuh seluruh pemain untuk melihat kemampuan pemain.

“Setahu saya, Borneo FC satu-satuya tim di Indonesia yang menggunakan teknologi canggih saat latihan. Semua pemain memakai polar chip,” kata Iwan di Kompleks UNY, Selasa 9 Januari 2018.

Iwan mengatakan, pemakaian polar chip dipakai untuk mengontrol semua pemain yang menjalani pemusatan latihan. Menurutnya, dengan polar chip, selain kemampuan jajaran pelatih sekaligus bisa melihat keseriusan pemain dalam melaksanakan materi latihan.

“Apakah mereka kerja maksimal? Apakah setengah-setengah bisa dilihat lewat tab yang saya pegang,” ujar Iwan.

Menurut dia, sepak bola di negara-negara maju sudah memakai alat tersebut. Dengan alat itu, perkembangan kemampuan pemain bisa terlihat dan terdata. Ia berharap Borneo FC bisa memperoleh prestasi dari penggunaan alat itu.

Ia menambahkan, salah seorang pemain Borneo FC Syamsul Khaerudin bisa diketahui kebugaran kondisi tubuhnya belum baik usai menjalani liburan. Syamsul menjadi salah satu pemain dengan catatan buruk dalam menjalani latihan.

“Akan memberikan program khusus untuk dia. Dia belum bisa 100 persen ikut latihan. Kami akan berikan materi khusus untuk mengejar ketertinggalannya,” katanya.

loading...