AFC Siap Tindak PSSI Jika Larang Pemain Berkarir di Luar Negeri

Asian Football Confederation (AFC) akhirnya ikut angkat bicara terkait kepindahan Evan Dimas dan Ilham Udin Armayn ke Selangor FA yang mengalami kendala.

Windsor Paul John sebagai Sekretaris Jenderal AFC berharap agar masalah tersebut lekas menemukan solusi. Dan jika pihaknya menemukan kejanggalan, maka mereka siap menindak PSSI.

Seperti yang diketahui bahwa Evan Dimas dan Ilham Udin Armayn telah menyepakati kontrak dengan Selangor FA selama satu musim. Klub Malaysia tersebut memberikan ultimatum pada kedua pemain agar bergabung paling lambat pada 2 Januari kemarin.

Hingga saat ini, dua mantan pemain Bhayangkara FC tersebut belum tampak dalam skuat Selangor. Hal itu karena polemik yang disebabkan PSSI.

Beberapa waktu lalu, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, mengutarakan kekecewaannya pada pemain Indonesia yang pindah ke Malaysia. Ia mengatakan para pemain yang pindah ke luar negeri ini sebagai pemain yang tidak nasionalis.

PSSI sejatinya tidak melarang kepindahan dua pemain tersebut. Hanya saja PSSI meminta agar pemain yang bermain di luar negeri harus bisa memenuhi panggilan dari Timnas Indonesia yang sedang gencar menyiapkan diri menyambut Asian Games 2018.

Menanggapi hal itu, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) ingin masalah tersebut segera menemukan solusi dari pihak yang bersangkutan. Tapi jika terjadi pelanggaran adanya pelarangan pemain berkarier di luar negeri, maka AFC siap melakukan investigasi pada PSSI.

“Ya tindakan ini sebenarnya sebagai permintaan kepada pemain Indonesia untuk memantapkan tim nasionalnya. Saya rasa ini kembali kepada pemain,” ucap Windsor seperti dikutip Harian Metro.

“Jika melanggar aturan FIFA dan AFC, kami akan investigasi karena pemain bebas bermain untuk klub dan di negara manapun,” paparnya.

loading...