Hadapi Tiga Kompetisi, Bali United Siapkan Dua Tim Kelas I

Bulan Januari kompetisi pra musim Piala Presiden 2018 bakal digelar. Di luar itu, Bali United bakal mewakili Indonesia di ajang Liga Champions Asia.

Baru pada bulan Februari, kompetisi resmi Liga I bergulir. Untuk menghadapi tiga kompetisi tersebut, manajemen menyiapkan kurang lebih 34 pemain.

Bali United sendiri sebenarnya memiliki dua tim yang sama-sama kuat. Kekuatan pemain inti dan pelapis musim ini tidak perlu diragukan lagi.

Untuk Piala Presiden 2018, Coach Widodo memastikan akan memainkan pemain-pemain muda. Namun di lini belakang, pemain senior masih menjadi andalan.

Duet bek Agus Nova – Ngurah Nanak menjadi opsi ideal untuk menjadi benteng di jantung pertahanan. Di sisi sayap kanan, Dias Angga akan menjadi pilihan utama.

Untuk posisi bek sayap kiri, Taufik Hidayat yang baru direkrut dari PSIS Semarang tidak salah untuk dicoba.

Yang cukup sulit untuk memilih adalah posisi penjaga gawang. Bali United tercatat memiliki lima penjaga gawang. Sekarang keputusan tentu ada di tangan Widodo untuk meramu.

Untuk amunisi pemain asing, Nick Van Der Velden sangat cocok untuk menjadi leader. Sebab, mantan penyerang Persija Jakarta ini harus memilih antara Kevin Brands atau Nick Van Der Velden yang akan dimainkan di LCA.

Ini merujuk dari regulasi AFC yang belum mengakui Ilija Spasojevic sebagai pemain Indonesia. Spaso masih membutuhkan waktu setidaknya hingga bulan November 2018 untuk bisa secara resmi diakui sebagai pemain asal Indonesia oleh AFC.

Ilija Spasojevic sepertinya tidak mempermasalahkan hal tersebut. Dia menilai apapun keputusan pelatih adalah keputusan terbaik. Namun, dia berkeyakinan bahwa dia akan ditepikan di Piala Presiden.

“Yang penting sekarang adalah Liga Champions. Tapi, semua tergantung pelatih. Apapun keputusan dan strategi nanti, saya siap saja,” papar Spaso.

Berikut beberapa opsi formasi Bali United musim depan. Formasi pertama (4-3-3) PG: I Made Wardana.

Belakang: Dias Angga Putra, Agus Nova, Ngurah Nanak, Taufik Hidayat.

Tengah: Sutanto Tan/I Gede Sukadana, Achmad Agung/Feby Eka Putra, Nick Van Der Velden/Hanis Saghara. Depan: Yabes Roni Malaifani, Miftahul Hamdi, Yandi Sofyan/I Nyoman Sukarja

Formasi kedua (4-3-3) PG: Wawan Hendrawan. Belakang: I Made Andhika WIjaya, Ahn Byung Keon, Demerson, Ricky Fajrin.

Tengah: Fadil Sausu, M. Taufiq, Kevin Brands. Depan: Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic.