PSSI Sebenarnya Dorong Pemain Berkarier di Luar Negeri, Asalkan..

Beberapa pekan terakhir marak akan berita PSSI yang keberatan para pemain berkiprah di luar negeri. Hal ini mendapat tanggapan dari Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Pemicu hal ini adalah keputusan beberapa pilar Timnas Indonesia U-23 seperti Evan Dimas, Ilham Udin Armaiyn, dan Ryuji Utomo yang hijrah ke negara tetangga. Keputusan ini ditakutkan akan mengganggu persiapan Timnas Indonesia ke Asian Games 2018.

Menurut Tisha, PSSI tentu mendorong pemain untuk bisa berkiprah di luar negeri. Namun kompetisi yang dituju harus top class dan jauh lebih baik dari kompetisi Indonesia.

“Luar negeri itu banyak, Timor Leste, Papua Nugini, Brunei, Malaysia, Thailand, Jepang, itu semua luar negeri,” ucap Tisha kepada Bolalob.

“Ini tergantung pembinaan pemain seperti apa yang kita harapkan. Kita tentu bangga bila ada pemain-pemain Indonesia yang bermain di area yang kompetisinya berkualitas lebih tinggi dari Indonesia,” lanjutnya.

“Jadi jangan kategorikan luar negeri itu sama. Kita mendorong pemain untuk bermain di kompetisi top class. Agar ia dapat terus berkembang dan membanggakan negara lalu utamanya kembali ke tim nasional,” jelas Tisha.