Irsan Lestaluhu, Talenta Muda yang Siap Bersinar di Madura United

Talenta muda dengan kualitas mumpuni di Madura United kini kian melimpah. Jika sebelumnya mereka pernah memiliki Bayu Gatra Sanggiawan, Rizky Dwi Febrianto, Andik Rendika Rama, hingga Rifad Marasabessy, sekarang bertambah satu lagi pemain berbakat yang bisa menjadi andalan tim mulai musim 2018, selain kiper Satria Tama. Dia adalah Irsan Rahman Lestaluhu.

Irsan Rahman Lestaluhu tercatat anggota Timnas Indonesia U-19. Ia kerap mengundang kekaguman jajaran tim pelatih dengan aksi yang ditunjukkannya.

Irsan menjadi satu di antara gelandang yang memiliki mobilitas tinggi. Pemain asal Tulehu itu punya kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya. Itu semua diperlihatkan dalam dua uji coba yang telah dilakoni Madura United.

Pada uji coba pertama melawan Mitra Bangkalan (26/12/2017), pemain 18 tahun itu berhasil menyumbang sebiji gol. Hebatnya, gol tersebut dicetak melalui tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti.

Di laga tersebut, Irsan tampil penuh selama 90 menit. Irsan juga terlihat padu dengan permainan dua gelandang lain yang jauh lebih senior, Slamet Nurcahyo dan Nuriddine Davronov.

Dengan aksinya tersebut, Irsan menuai pujian dari jajaran pelatih. “Dia pemain yang menurut kami memiliki skill dan kemampuan baik untuk menjadi bagian penting dari tim ini,” kata Danilo Fernando, asisten pelatih Madura United.

Irsan memilih merendah dengan berujar dirinya masih harus terus belajar dan beradaptasi dengan pemain lain di Madura United. Menurutnya, tantangan bermain di tim profesional dan bukan lagi berhadapan dengan kelompok umur, akan lebih besar.

“Saya akan fokus untuk terus menempa diri karena bersama tim ini, saya tidak lagi akan bermain di kelompok umur. Persiapan mental dan fisik jadi prioritas saya dengan cara banyak menimba ilmu pada pemain yang lebih senior bersama tim ini,” tutur Irsan.

Irsan sebenarnya masuk Timnas Indonesia U-19 asuhan pelatih Indra Sjafri yang mengikuti Piala AFF U-18 2017 di Yangon, Myanmar. Namun, dia tidak banyak mendapat kesempatan bermain karena kalah bersaing.

Di posisinya ada M. Lutfi Kamal, Egy Maulana Vikri, M. Iqbal, dan Syahrian Abimanyu yang lebih sering jadi andalan Tim Garuda Nusantara.

Irsan tentu berharap Madura United bisa memberikannya kesempatan seluas-luasnya untuk menempa permainannya dan matang sebagai pemain profesional.