Musim Depan, Tak Ada lagi Nota Larangan Bermain di Liga 1

PT Liga Indonesia Baru (LIB) tak akan menerapkan lagi Nota Larangan Bermain (NLB) pada Liga 1 musim depan. PT LIB menyiapkan penggantinya.

NLB, yang mencatumkan daftar nama pemain tak bsia tampil karena hukuman, menjadi polemik saat laga Mitra Kukar melawan Bhayangkara FC di Liga 1 2017. Ketika itu, Mohamed Sissoko tidak masuk dalam NLB. Padahal Sissoko baru menerima hukuman tambahan dari Komdis PSSI.

Berkaca pada situasi itu, PT LIB membuat kebijakan baru menghadapi kompetisi musim depan. Mereka tak akan mengeluarkan NLB lagi.

“Kami akhirnya mencopot NLB pada 2018 mendatang,” ujar Chief Operating Officer LIB, Tigorshalom Boboy, Sabtu (30/12/2017).

Nantinya, lanjut Tigor, LIB akan membuat daftar yang memuat data statistik mengenai pemain yang layak diturunkan dan tidak boleh dimainkan. Daftar tersebut akan dijadikan pedoman dalam Match Coordination Meeting (MCM) sebelum pertandingan.

“Dengan tidak adanya NLB, kami akan memberikan sebuah grafik yang akan menjadi kewajiban klub untuk menunjukkan itu ketika MCM. Juga akan menjadi kewajibam Match Commissioner untuk menanyakan, jadi kontrolnya nanti ada di mereka,” katanya.

Liga 1 2018 dijadwalkan bergulir pada Februari mendatang. LIB pun sudah menyerahkan draft regulasi musim depan kepada PSSI.