Semen Padang Minta Kelonggaran Regulasi Pemain Senior

Jelang kompetisi Liga 2 musim 2018, Semen Padang terus melakukan perekrutan pemain yang bakal memperkuat tim urang awak.

Tim pelatih telah memulangkan tiga pemain seleksi yang setelah dievaluasi, tidak cocok dengan karakter yang diinginkan tim pelatih. Dalam waktu dekat, Semen Padang juga akan menguji Achmad Iqbal Bachtiar, kiper Madura FC di Liga 2 2017.

Pelatih kepala Semen Padang, Syafrianto Rusli, mengatakan pihaknya masih membutuhkan beberapa pemain untuk mengisi beberapa posisi. Beberapa pemain di bawah U-25 tahun diagendakan mengikuti trial.

“Saat ini kami fokus pada pemain di bawah U-25 tahun. Sesuai regulasi Liga 2 musim lalu, hanya lima pemain senior saja boleh memperkuat tim Liga 2. Untuk pemain senior, kami telah memenuhi kuota, malah berlebih. Di saat tim Liga 1 fokus mendatangkan pemain senior dengan kualitas teruji, kami memanfaatkannya dengan mencoba pemain muda. Mudah-mudahan sesuai dengan kriteria yang kami inginkan,” ujar Syafrianto.

Saat ini menurut sang pelatih, baru 15 pemain yang kemungkinan besar berseragam Semen Padang. Mereka rata-rata jebolan Liga 1 2017.

Rinciannya, enam pemain senior masing-masing Hengki Ardiles, Rudi Doang, Irsyad Maulana, Agung Prasetyo, Novrianto, dan Fery Komul.

Sementara pemain di bawah usia 25 yang ada di Semen Padang saat ini adalah Mardiono, Febli Gushendra, Leo Guntara, M. Sanjaya, Fredolin Kristof Yoku, Rendy Oscario, M. Taufiq, Finno Andrianas, dan Apriyogi.

Menyangkut berlebihnya kuota pemain senior sesuai regulasi kompetisi sebelumnya, Syafrianto Rusli mengaku akan mengusulkan pada Kongres PSSI yang digelar Januari 2017 agar ada kelonggran menyangkut regulasi pemain senior.

“Pada kongres nanti, kami akan usulkan agar ada aturan yang memperbolehkan mendaftarkan pemain di atas U-25 sebanyak delapan orang, namun yang boleh dimainkan tetap lima orang,” imbuhnya.