Andik Tunggu Kepastian Persebaya

Kerinduan Andik Vermansah untuk bermain di Persebaya Surabaya, tampaknya, tidak tertahankan lagi. Setelah keluar dari Selangor FC, gelandang lincah itu bertekad kembali ke klub berjuluk Green Force tersebut. Banyak klub Liga 1 yang tertarik kepadanya. Tetapi, dia hanya menginginkan Persebaya.

Bahkan, Andik menegaskan, kalau tidak ke Persebaya, dirinya lebih memilih bermain di luar negeri. Saat ini agen Andik Vermansah, Muly Munial, mengatakan bahwa ada dua klub besar di Indonesia yang meminang Andik, tetapi ditolaknya.

’’Ya, Andik sekarang dilema. Bursa transfer terus berjalan, tetapi belum ada niat Persebaya memulangkannya,’’ ujar Muly.

Sebagai perwakilan Andik, Muly menyatakan telah membangun komunikasi dengan klub juara Liga 2 musim lalu tersebut. Tetapi, hingga kini belum ada respons. ’’Saya sudah mengatakan ke manajemen, Andik hanya mau bermain untuk Persebaya. Kami menunggu jawabannya. Sampai sekarang belum ada tanggapan,’’ ungkapnya.

Tidak mau karirnya menggantung, Andik memberikan deadline kepada Persebaya. ’’Jika sampai akhir tahun ini tidak ada respons, kami langsung mencari klub lain,’’ tegasnya.

Soal bermain di luar negeri, Andik juga telah mendapat tawaran dari berapa klub asal Malaysia dan Thailand. ’’Tapi, yang jelas, Andik sangat ingin pulang. Bonek juga begitu, kan?’’ ucapnya.

Selama karirnya, Andik belum pernah membela klub Indonesia selain Persebaya. Dia merupakan jebolan klub internal Persebaya. Lalu, dia membela Persebaya U-18 pada 2005. Sejak 2008, dia berkostum Persebaya. Ketika Persebaya pecah pada 2010, dia tetap memilih membela Persebaya yang asli.

Dia memilih memperkuat Persebaya 1927 yang bermain di Liga Primer Indonesia dan menolak bergabung dengan Persebaya palsu. Ketika Persebaya mengalami situasi yang tidak menentu dan tidak boleh berkompetisi, Andik memilih pindah ke luar negeri dengan membela Selangor FA.

Di sisi lain, Manajemen Persebaya Chairul Basalamah enggan menanggapi tenggat waktu yang diberikan Andik. Dia juga menolak membicarakan soal transfer Andik ke Persebaya. ’’Saya tidak mau komentar apa pun,’’ katanya.