PSSI: Seleksi Timnas Putri Digelar Februari 2018

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan bahwa seleksi tim nasional putri untuk Piala AFF Wanita dan Asian Games akan digelar pada Februari 2018.

“Maksimal ada 40 nama pemain yang akan diseleksi. Sebelumnya di awal Februari 2018 kami terlebih dahulu menunjuk pelatih timnas wanita,” ujar anggota Komite Eksekutif PSSI Papat Yunisal dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (19/12).

Papat melanjutkan, ke-40 berasal dari pilihan para pencari bakat yang bekerja selama Piala Pertiwi 2017 yang diikuti tim-tim dari 12 provinsi. Selain itu akan ada seleksi individu yang dilakukan khusus untuk asosiasi provinsi PSSI yang tidak mengirimkan perwakilannya ke Piala Pertiwi yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan.

“Lokasi seleksi kemungkinan di Palembang. Nantinya timnas putri akan melakoni uji coba internasional. Semoga momen Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 bisa menjadi pelecut kebangkitan sepak bola putri,” kata Papat.

Salah satu tim pencari bakat timnas putri Zulkarnen Lubis mengungkapkan bahwa timnya sudah memiliki beberapa nama pemain akan dipanggil seleksi. Adapun kriteria pemain yang akan mengikuti seleksi adalah kemampuan teknik, postur dan cara bermain dalam tim.

Dia pun memastikan semua prosesnya berlangsung jujur tanpa campur tangan pihak lain. “Kami memastikan tidak ada pemain titipan karena ini demi skuat timnas putri Indonesia yang baik, kuat dan bisa bersaing dengan negara lain,” tutur Zulkarnaen, yang pernah bermain untuk timnas Indonesia di era 1980-an.

Piala Pertiwi 2017 digelar 3-13 Desember 2017 di Palembang, Sumatra Selatan. Provinsi Papua menjadi juara turnamen yang digelar sekaligus sebagai turnamen uji coba Asian Games 2018 itu setelah di final mengalahkan Kalimantan Barat dengan skor akhir 2-1.