Ini Alasan Laga Timnas Indonesia Sulit Digelar di Luar Jawa

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, pun membeberkan alasan utama sulitnya PSSI mewujudkan keinginan para pecinta Timnas Indonesia di luar Pulau Jawa.

Ratu Tisha mengaku Indonesia memiliki begitu banyak stadion yang sangat bagus di berbagai daerah. Namun, Sekjen PSSI itu menyebut ada catatan yang bisa diminta oleh tim lawan saat mereka bertandang ke Indonesia.

“Mereka punya catatan setiap kali datang, di mana mereka tidak mau harus terbang lagi setelah sampai di Indonesia. Jangankan terbang, mereka punya perhitungan jika melalui jalan darat pun tidak boleh lebih dari berapa jam yang sudah ditentukan,” ujar Ratu Tisha di Kawasan Kemang, Jakarta, Rabu (20/12/2017).

“Contohnya jika ada tim dari Amerika Selatan yang datang ke Indonesia harus melakukan perjalanan selama kurang lebih 21 jam. Tentu setibanya di sini mereka butuh istirahat penuh selama satu hari. Jadi ada faktor teknis seperti itu yang menjadi pertimbangan mengapa sulit untuk menggelar laga internasional di daerah,” lanjutnya.

Sekjen PSSI itu juga menekankan hal yang sama pun diminta oleh Timnas Indonesia ketika bertandang ke luar negeri, di mana waktu istirahat setelah melakukan perjalanan lama itu sangat penting. Ratu Tisha menyebut ada catatan dari tim tamu yang perlu dipenuhi.

“Sama halnya ketika timnas kita bermain di luar negeri, tim yang datang ke sini pun memiliki wishlist yang harus kita upayakan terpenuhi,” ujarnya.

Indonesia memang memiliki begitu banyak stadion berkelas di berbagai daerah, seperti Batakan di Balikpapan dan Jakabaring di Palembang. Keberadaan stadion yang megah di luar Jawa itu kerap membuat masyarakat berharap bisa melihat Timnas Indonesia bermain di daerah mereka.