Eka Ramdani, Wajah Lama dan Harapan Baru Persib Bandung

Gelandang senior Eka Ramdani menjadi rekrutan pertama pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez, musim ini. Pemain 33 tahun itu berlatih sejak sepekan terakhir dan direkrut berdasarkan keinginan Mario Gomez.

Kehadiran mantan pemain Persela Lamongan itu diharapkan bisa menjadi solusi kosongnya posisi playmaker di skuat Persib. Pada musim lalu, manajemen dan tim pelatih Persib kerap mengeluhkan tidak adanya pengatur serangan yang membuat alur permainan Maung Bandung monoton.

Posisi di belakang penyerang itu juga yang ditempatkan Ebol, sapaan Eka Ramdani saat di Persib sejak 2005 hingga 2011. Usai 2012, Eka pindah ke beberapa tim semisal Persisam, Pelita Bandung Raya, atau Sriwijaya FC.

Sejak putaran kedua Liga 1 2017, Persib kerap dikaitkan dengan beberapa pemain dengan posisi playmaker, semisal Makan Konate. Tetapi, Mario Gomez tampaknya lebih memilih memanggil kembali ‘Si Anak Hilang’ Eka Ramdani.

Pada musim lalu, Eka Ramdani tampil dalam 26 laga bersama Persela dengan mencetak satu gol dan memberikan empat assist. Performa yang diharapkan Mario Gomez bisa diberikan di Persib.

Di posisi gelandang, terutama playmaker, Eka akan bersaing dengan beberapa pemain muda seperti Gian Zola atau Billy Keraf. Kecuali, jika pelatih asal Argentina itu merekrut pemain asing dengan posisi serupa.

Belum jelasnya posisi Michael Essien untuk musim depan, menjadi salah satu faktor bagi Eka Ramdani dimainkan sebagai playmaker untuk musim depan.

Selain itu, perginya Raphael Maitimo juga penentu Eka bermain di posisi idealnya tersebut. Musim lalu Maitimo menjadi pemain serbabisa Persib, sekaligus penyelamat tim pelatih ketika pemain-pemain di posisi gelandang bertahan, gelandang sayap, gelandang serang, bahkan striker berhalangan bermain.

Eka Ramdani juga bisa menjadi jawaban bagi mereka yang rindu sosok Firman Utina. Sejak musim 2012 hingga 2015, lini serang Persib sangat dimanjakan dengan umpan-umpan akurat Firman.

Hanya, mengingat usia Ebol yang sudah 33 tahun, Mario Gomez juga perlu mendatangkan pemain lain guna menjaga kedalaman skuatnya. Seperti Gonzalo Cabrera yang dilaporkan bakal merapat ke Persib dari klub Liga Malaysia, Johor Darul Ta’zzim.

Pemain kelahiran Purwakarta itu memang pantas dirindukan. Karena, banyak yang kehilangan sosoknya setelah Eka Ramdani memutuskan meninggalkan Persib setelah masa baktinya selama tujuh tahun sejak 2005-2011.

liga88
loading...