Usia 20, The Jakmania Ingin Persija Juara

Harapan kelompok suporter The Jakmania tidak berubah. Mereka ingin klub kebanggaanya, Persija Jakarta meraih prestasi pada musim depan.

Terlebih lagi, pada tahun ini, atau tepatnya Selasa (19/12), The Jakmania tepat berusia 20 tahun. Karena itu, kado indah berupa gelar juara dari Persija pada musim 2018 sangat diharapkan.

“Harapan tentu saja ingin juara. Suporter mana yang tidak ingin klubnya juara,” ujar Ketua Umum The Jakmania, Ferry Indra Sjarief kepada CNNIndonesia.com.

Ferry mengaku mengetahui persis dengan persiapan Persija untuk kompetisi mendatang. Pada 2018 nanti, klub berjuluk Macan Kemayoran juga tidak saja akan berlaga di Liga 1 2018, tetapi juga Piala AFC 2018.

The Jak pun optimistis, Persija cukup siap menjalani musim depan. Kendati, manajemen kerap membidik target realistis di setiap tahunnya.

“Yang saya tahu, pemain itu kalau sudah di lapangan tidak berpikir target. Mereka pasti maunya menang,” kata Ferry.

“Dengan begitu, (seperti musim lalu), kalau (manajemen) bilang target di peringkat ketujuh, bukan tidak boleh berada di peringkat keempat. Atau kalau bilang kelima, bukan tidak boleh berada di posisi pertama,” Ferry menuturkan.

Ferry yang juga mantan asisten manajer Persija itu tidak membantah, bahwa pada musim-musim sebelumnya banyak kendala yang menghambat Persija menjadi juara. Mulai dari lokasi pertandingan yang kerap berpindah-pindah, hingga munculnya dualisme.

Namun, bukan berarti suporter harus menurunkan hasratnya terhadap klub pujaannya. Target tinggi perlu dicanangkan, sekaligus memberikan dukungan penuh pada klub.

“Banyak sekali masalah di Jakarta. Untuk mengembalikan situasi di Jakarta butuh waktu. Tetapi, sebagai suporter, kami harus tetap mendorong klub mengejar target juara,” ucap pria yang akrab disapa Bung Ferry itu. (sry)